Mahasiswa Ini Pamerkan Potret Hingarnya Flyover Jomplangan ‘Potret Jalan Menguji Ketahanan Fotografer’

Infokampus.news, Malang – Dalam acara yang digelar Himpunan Mahasiswa pecinta Fotografi Universitas Negeri Malang (HIMAFO UM), ada salah satu karya menarik buatan Aulia El Razaq. Dalam fotonya ia memotret keseharian jalanan di sekitar Flyover Kotalama, Malang atau yang sering dikenal dengan istilah sebutan daerah ‘jomplangan’.

“Saya senang sekali dengan kereta api jado saya padukan dengan hingar bingar kendaraan yang ada di Kotalama itu,” paparnya ditemui saat pameran berlangsung.

Ia menilai pertemuan antara semua alat transportasi di jalan merupakan salah satu potret kehidupan yang indah.

“Pertemuan semua alat transportasi di jalan, tanpa rekayasa kan semua memang sudah begitu menurut saya indah saja, ada nilai estetika yang bisa kita lihat sebagai seorang fotografer,” paparnya.

Suka Duka Fotografer Terasa Saat Turun ke Jalan

Mahasiswa jurusan Sastra Indonesia angkatan 2016 ini menuturkan kisah suka dan dukanya dalam proses mencari gambar ini.

“3 hari take ini prosesnya, lalu dari total sekitar 200 foto ahirnya jadi 3 yang dipamerkan setelah diseleksi kurator, senang jelas karena lolos namun ya ada cerita lain dalam prosesnya.” ceritanya.

Ia bercerita saat mengambil take banyak rintangan yang cukup melelahkan, namun disisi lain ia mengaku senang karenanya ia mendapat pengalaman berharga.

“Kendalanya ya cuaca kan tidak menentu, itu di foto 2 atas beckground pas mendung 1 cerah, lalu banyaknya kendaraan itu memusnahkan ekspektasi. Jadi gini sudah mau klik foto sudah cari angle pas eh tiba-tiba ada kendaraan nyelonong, jadi harus take lagi, tapi ya justru disitu kita dilatih bersabar. Itu sih kuncinya fotografer cari timing yang pas itu ga gampang jadi harus sabar,” pungkasnya sambil berseloroh. (pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pameran Foto HIMAFO UM, ‘Bebas Berkreasi Tanpa SARA’

Rangkaian acara Himpunan Mahasiswa pecinta Fotografi atau HIMAFO UM berlanjut hingga pameran foto, yang mengusung tema 'Express Your Imagination'

Close