Mahasiswa Ini Temukan Alat Pasteurisasi Kefir Wortel Lowgrade!

Infokampus.news, Malang – Salah satu temuan unik dari mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UB yakni mereka membuat alat pasteurisasi kefir wortel lowgrade. Bekerjasama dengan salah satu UKM di Kota Batu mereka menghasilkan produk ini karena miris dengan murahnya harga wortel lowgrade di pasaran.

Padahal, wortel sangat kaya akan betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Jika dikombinasikan dengan susu segar, maka kombinasi ini akan menjadi perpaduan yang sangat baik untuk dikonsumsi warga sekitar.

“Murah sekali harganya wortel lowgrade ini bahkan dibuang, dengan kami membuat kefir tentu harganya meningkat. Jadi dalam kefir ini kami campur juga dengan susu jadi gizinya lengkap ada prebiotik vitamin mineral, lalu dari wortel kan sangat tinggi akan betakaroten.” Tutur ketua dari tim ini.

Dengan Alat Pasteurisasi Kefir Ini, Kontaminasi Bakteri Menurun Drastis dan Waktu Fermentasi Lebih Singkat

Keunggulan alat buatannya satu ini, alat ini mampu membuat kefir menjadi lebih sedikit terkontaminasi bakteri tapi justru proses fermentasinya menjadi lebih cepat.

“Pada alat pembuat kefir pasteurisasi  ini kami mengkombinasikan sinar UV dan juga menjaganya pada suhu tertentu. Sehingga alat ini mampu mengurangi kontaminasi bakteri dan mempersingkat waktu fermentasi.” Tambah dia.

Untuk waktu Fermentasi dengan alat ini ia dan timnya hanya membutuhkan 4 jam saja. Sedangkan proses pasteurisasi konvensional memerlukan waktu setidaknya 2 hari.

“Kami hanya butuh waktu 4 jam fermentasi, sedangkan kalau yang konvensional 2 hari atau paling cepat tapi jarang ya itu 8 jam.” Tandasnya.

Tidak hanya kefir, buah maupun sayuran apapun bisa diproses dan dijadikan kefir dengan alat satu ini. Sehingga nilai ekonomis sayur maupun buah dari petani bisa naik jauh lebih tinggi serta memiliki daya simpan yang lebih lama. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pameran Despro ITATS KreARTif 8 Hapus Bentuk Marketing Konvensional

“Creativity For Society” adalah tema yang diusung Despro ITATS KreARTif 8 dalam pameran yang telah dimulai beberapa waktu yang lalu.

Close