Mahasiswa IPB Ciptakan Minyak Rambut dari Bahan Susu

Infokampus.news – Minyak rambut atau pomade marak dikenal sebagai produk yang membuat rambut dapat diatur sesuai gaya yang diinginkan, umumnya menjadi konsumsi harian kaum pria.

Pomade dibuat menggunakan bahan dasar sintetis yang tanpa disadari oleh kaum pria, dalam jangka panjang mempengaruhi kesehatan rambut.

Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tergerak memanfaatkan produk peternakan, khususnya susu yang masih sedikit konsumennya, bahkan hanya tiga tetes per kapita per tahun.

Baca Juga:

Mereka adalah Ikhsan Suhendro mahasiswa Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet), Akhmad Sudadi dan Ryan Fachrozan dari Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Diversifikasi produk susu menjadi bahan pembuat pomade yang diberi label Pomilk merupakan upaya meningkatkan konsumsi masyarakat pada produk hasil peternakan khususnya susu.

“Pomilk dibuat menggunakan bahan alami selain untuk menjaga rambut tetap stylish, juga menjaga kesehatannya dengan keunggulan zat aktif pada susu,” kata Ikhsan, belum lama ini.

Mereka memperkenalkan Pomilk pada lomba karya tulis ilmiah nasional Dies Natalis Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran bertema ‘Inovasi, Kreasi dan Kontribusi Membangun Bangsa’.

Dengan karya berjudul ‘Pomilk: Pomade Susu Diperkaya Tropical Herbs untuk Rambut Sehat dan Stylish’ ini meraih juara satu.

“Ke depannya, produk kami akan dikembangkan jadi produk wirausaha,” tutupnya. (FAM)

 

Sumber: Tribunnews

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
bangun museum
UNS Bakal Bangun Museum

Sebanyak 22 museum, lima diantaranya museum dari Yogyakarta memamerkan sebagian koleksinya di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Close