Mahasiswa IPB Gandeng Warga Cikarawang Cetuskan Aksi Bersih Situ Burung

Infokampus.news –  Air merupakan salah satu kebutuhan penting manusia untuk bertahan hidup. Air digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak, mencuci, mandi, pengairan atau irigasi pertanian. Keberadaannya memiliki peran penting dan perlu dijaga agar dapat terus dimanfaatkan.

Di dekat  Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga terdapat Situ Burung. Letaknya di Desa Cikarawang. Sayangnya, kondisi Situ Burung saat ini banyak ditumbuhi lotus dan cabomba yang menutupi perairan situ. Hal ini mengurangi estetika dan mengganggu kesehatan perairan situ.

“Hal ini dapat mengakibatkan efek negatif terhadap keseimbangan ekosistem di suatu perairan situ. Tanaman air yang terlalu banyak tumbuh dapat menghalangi cahaya masuk ke kolom perairan dan dapat mengakibatkan pendangkalan situ. Keberadaan tanaman air yang seimbang dapat dicapai dan dapat dimanfaatkan biota seperti ikan untuk menyimpan telur sekaligus menjadi wilayah perlindungan anak ikan dari predator,” ujar Ketua Umum Himasper FPIK IPB, Rafialwan Athariq Subing.

Berawal dari keresahan masyarakat setempat dengan melimpahnya lotus dan cabomba yang terus tumbuh di perairan Situ Burung, mahasiswa IPB bersama Pemuda Peduli Situ Burung Desa Cikarawang melakukan Aksi Bersih Situ Burung, MInggu (7/4). Aksi Bersih Situ ini diinisiasi Pemuda Peduli Situ Burung Desa Cikarawang dan melakukan kolaborasi dengan Bogor Mengabdi, Bogor SAR Community (BSC), Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Tanggap Bencana, Lawalata (Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam) IPB, serta Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Himasper FPIK) IPB.

Aksi Bersih Situ Burung juga diikuti oleh warga Desa Cikarawang. Antusiasme warga setempat terlihat dari jumlah peserta kegiatan yang mencapai lebih dari seratus orang. Aksi bersih situ terdiri dari sosialisasi lingkungan, penancapan Plang Situ Burung, serta pembersihan sampah, dan tanaman air (lotus dan cabomba) yang mengganggu perairan.

Aksi Bersih Situ Burung dilaksanakan dalam memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2019. Ke depannya, aksi ini akan dicanangkan sebagai agenda tahunan dari Kelompok Pemuda Peduli Situ Burung dan warga Desa Cikarawang. Masyarakat setempat mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian situ. Hal ini dikarenakan Situ Burung berperan penting sebagai sumber air pertanian terbesar di Desa Cikarawang. (Jul)

Berita Terkait

  • infokampus.news - Di tengah demoralisasi generasi muda akibat dampak negatif media sosial, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Mar’ie Muhammad, merancang metode pendampingan Integrated Family Mentoring (I-FM) atau Pendampingan Terintegrasi Keluarga Berbasis akun Bot Line. Metode ini menjadi strategi untuk membina karakter generasi milenial dan menjadikan santri sebagai mentor. Melalui karyanya ini, Mar’ie meraih Juara I dalam lomba Gebyar CSSMoRa Universitas Pendidikan Indonesia pada tanggal 15 Desember 2018 dengan tema “Tantangan Santri…
  • Infokampus.news – Direktorat kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan IPB Job Fair Career dan Entrepreneurship Expo 2018. Kegiatan ini diadakan di Gedung Graha Widya Wisudam, Kampus IPB Dramaga, Bogor Jawa Barat pada 21-22 September 2018. Rektor IPB Dr Arif Satria mengatakan bahwa IPB berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja dengan lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja. “Selain itu, kegiatan ini juga…
  • Infokampus.news – Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor (IPB)  angkatan 55 yang menamakan diri sebagai Saga Agrisatya berhasil memecahkan rekor dunia Record Holders Repuiblic dengan kategori “Most 3D People Formation”. Formasi tersebut dilakukan dalam durasi tercepat yaitu 2 menit 56 detik, 3.456 peserta dengan 55 formasi, rekor yang dipecahkan oleh Saga Agrisatya membawa kebanggan tersendiri. Hal ini diapresiasi oleh Rektor IPB Dr. Arif Satria Arif. “Hari ini kita berhasil memecahkan rekor dunia.…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Lawan Suhu Ekstrim
Tolak Golput! WNI Lawan Suhu Ekstrim Datang ke TPS

Infokampus.news -  Warga negara Indonesia di Den Haag antusias mengikuti pemungutan suara pada pemilu 2019, di Sekolah Indonesia Den Haag, Wassenar, Belanda, pada 13 April 2019. KBRI melaporkan,

Close