Mahasiswa ITB Ini Raih Juara Satu Lomba Debat Internasional!

Infokampus.news – Institut Teknologi Bandung berhasil merengkuh gelar juara pertama kategori English as Foreign Language (EFL) di ajang kompetisi United Asian Debating Championship (UADC) 2017. Para mahasiswa perwakilan ITB yang berhasil menyabet gelar juara pertama UADC tersebut yakni Vincentius Michael  I Made Arisanto Jonathan , dan Ahmad Kushay.

UADC Merupakan Lomba Debat Internasional

UADC sendiri merupakan lomba debat parlementer berskala internasional yang tahun ini diikuti oleh 75 tim dari negara-negara di Asia seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, India, Tiongkok, Bangladesh, Pakistan, dan lain-lain. Topik yang dikaji memiliki cakupan luas, mulai dari seni, hubungan internasional, hak-hak minoritas, media, ekonomi, gerakan sosial, pendidikan, serta masih banyak lagi. UADC sendiri berlangsung pada tanggal 28 Juli hingga 4 Agustus 2017, UADC 2017 dilaksanakan di Siem Reap, Kamboja.

Dalam UADC sendiri terdapat dua kategori juara yang diperebutkan terbagi menjadi dua yaitu kategori EFL dan kategori open. Pemisahan menjadi dua kategori ini dilakukan setelah babak penyisihan berdasarkan seberapa lama peserta lomba tinggal di negara yang bahasa keduanya adalah Bahasa Inggris atau lama peserta mengenyam pendidikan di institusi yang medium bahasa dalam kurikulumnya menggunakan Bahasa Inggris. Yang patut dibanggakan, perwakilan universitas-universitas dari Indonesia setiap tahunnya selalu menjuarai kategori EFL sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Indonesia sudah cukup terkenal di komunitas debat dunia sebagai kompetitor unggul di kategori ini.

Persiapan Matang Mahasiswa ITB Berbuah Juara Pertama UADC

Perjuangan tim ITB dalam merengkuh juara pertama UADC ini pun tidaklah mudah. Seperti dilansir dalam laman ITB, salah satu anggota tim Ahmad Kushay mengakui bahwa persiapan dan latihan telah dilakukan selama kurang lebih dua bulan. Training camp pun dilakukan selama dua hingga tiga hari di suatu tempat dan terus latihan dalam kurun waktu beberapa hari tersebut. Mereka yang terpilih menjadi perwakilan Student English Forum (SEF) ITB untuk berkompetisi di UADC pun adalah mereka yang lolos seleksi internal SEF. Selain itu, Ahmad pun mengaku bangga bisa mengharumkan nama kampus ITB di tingkat internasional.

“Senang bisa membawa nama almamater dan bangsa di tingkat internasional. Terus berusaha meraih prestasi!“ ujar Ahmad. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Para Peserta iCamp UM 2017 Nikmati Keindahan Berbagai Pantai di Malang Selatan

Para peserta iCamp UM 2017 hari ini menikmati keindahan pantai Lenggoksono, pantai Kletakan, dan pantai Bolu-Bolu. Total sebanyak

Close