Mahasiswa ITB Pamer Karya Rancangan Pesawat Terbang

Infokampus.news – Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), kembali menggelar acara tahunannya yang bertajuk “Pameran Produk dan Poster Karya Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara”. Acara ini merupakan ajang pamer karya sekaligus penilaian atas project yang telah mahasiswa FTMD kerjakan selama satu semester. Pameran karya yang telah memasuki tahun ke-3 nya ini dilaksanakan pada 05 Desember 2016 dan bertempat di Aula Barat ITB.

Pameran produk dan poster ini dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB yaitu  Dr. Hari Muhammad yang sekaligus membuka gelaran acara pada hari itu. Seusai sambutan dari Dekan FTMD, acara dilanjutkan dengan pameran produk dan poster dari mahasiswa Teknik Mesin, Aaeronotika dan Astronotika (AE), serta pameran Tugas Akhir dari mahasiswa Teknik Material. Pameran produk dan poster tahun ini menampilkan 17 karya dari mahasiswa Aeronotika dan Astronotika, 51 karya dari mahasiswa Teknik Mesin, 3 karya dari tim Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) ITB serta beberapa karya Tugas Akhir dari mahasiswa Teknik Material.

Mengasah Ilmu dan Kerjasama

Karya-karya yang ditampilkan dan dinilai dalam acara ini merupakan pengaplikasian dari ilmu-ilmu yang telah mahasiswa pelajari dari semester-semester sebelumnya. Namun selain pengaplikasian dari berbagai mata kuliah, project ini juga merupakan bentuk kolaborasi mahasiswa yang mengasah kemampuan hardskill dan softskill mereka melalui kerjasama tim.

Melalui mata kuliah semester 7 yaitu Perancangan 2 bagi mahasiswa Teknik Mesin dan mata kuliah Desain Pesawat Terbang bagi mahasiswa Aeronotika dan Astronotika, Pameran Produk dan Poster Karya Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ini digelar sebagai wujud apresiasi kepada para mahasiswa, penilaian dari dosen, sekaligus mempertunjukkan karya-karya mahasiswa FTMD kepada para pengunjung yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.

“Ada beberapa model pesawat yang anak AE buat kali ini yaitu pesawat turboprop, pesawat penumpang, pesawat glider, satelit dan pesawat swift atau pesawat yang digerakkan oleh tenaga manusia,” ujar Annisa (Aeronotika dan Astronotika 2013) yang juga merupakan salah satu peserta dalam pameran kali ini.

Aspek-aspek yang dinilai dalam pameran kali ini meliputi informasi yang disampaikan dalam poster, aspek teknis berupa proses perancangan serta desain layout yang ditampilkan. Setelah penilaian yang dilakukan dalam pameran ini, selanjutnya adalah tahap seminar sebagai penilaian akhir dari project ini.

Menurut Syardianto (Aeronotika dan Astronotika 2013), salah satu peserta dalam pameran ini mengungkapkan, “Acara ini tuh memang menguras tenaga banget karena kami mengerjakan ini satu semester penuh. Tapi positifnya, semua ilmu-ilmu yang kami pelajari di semester-semester sebelumnya itu benar-benar kepake dalam project ini. Apalagi karena adanya pameran ini, kami juga kan jadi bangga karena hasil karya kami bisa disaksikan oleh banyak orang.” (FAM)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UGM Genjot Akreditasi Internasional Prodi Sains

kini UGM juga mendorong enam prodi kelompok bidang ilmu sains mendapatkan akreditasi internasional ASIIN dari Jerman.

Close