Mahasiswa ITN Ini Rancang Mobil Unik dan Nyaman Bagi Para Penyandang Disabilitas

Infokampus.news, Malang – Banyaknya penyandang disabilitas menggunakan kendaraan yang tidak safety membuat mahasiswi Diploma 3 Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) ini merasa iba. Inayah, begitu ia akrab disapa yang memiliki keahlian sekaligus hobi di bidang ini berusaha merancang dan membuat mobil khusus penyandang disabilitas.

Ia menuturkan mobil yang dia rancang ini ia gunakan sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan pendidikannya di kampus ini.

“Kalau untuk safety memang harus uji keamanan dulu dengan menghancurkan mobil ya, tapi hingga saat ini saya belum melakukan uji itu.” Tukas dia pada tim infokampus.news.

Mobil Bagi Penyandang Disabilitas Ini Hanya Memiliki Satu Seat Namun Didesain Agar Aman dan Nyaman

Meskipun hingga saat ini pihaknya masih belum menemukan relawan penyandang disabilitas untuk menguji langsung karyanya, namun mobil ini ia yakini lebih aman dan nyaman. Karena didesain khusus dimana pintu dari mobi ini akan terbuka dan tertutup secara otomatis di bagian belakang.

“Di kabin bagian bawah itu didesain miring agar kursi roda bisa masuk, kalau sudah masuk akan mengunci agar tidak goyang kursinya lalu menutup otomatis bersamaan dengan pintunya.” Ujar dia.

Total sebanyak 25 juta rupiah ia habiskan untuk membuat mobil berkapasitas 125cc dan memiliki kecepatan 20-40 KM per jam ini.

“Yang jelas saya ingin membuat mereka lebih aman dan nyaman daripada motor modif seperti itu. Dengan ini mereka tidak kepanasan dan juga desainnya kecil jadi tidak repot untuk melihat ke depan maupun samping,”Tandasnya. (Pus)  

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisudawan ITN Ini Berhadapan dengan Buaya Hingga Hampir Dikeroyok Warga Untuk Dapatkan Video Virtual Ini!

Wisudawan ITN Malang ini menghabiskan 3 bulan waktunya untuk mendapatkan video virtual untuk sebuah proyek pemerintah di Kalimantan

Close