Lewat Literasi, Mahasiswa KKN Tematik UM Jember Siap Bantu Masyarakat

Infokampus.news – KKN gelombang kedua telah resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember yakni Dr. Ir. M. Hazmi DESS., di Aula Zaenuri (17/7).  Dalam sambutannya mahasiswa KKN Tematik UM Jember diharapkan bisa membantu masyarakat melalui media literasi.

Dalam pembukaannya Rektor UM Jember menyampaikan bahwa beliau ingin mendengar suara AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) untuk di terjunkan di desa-desa yang ada di Purbalingga. Suara itu berupa potensi dan spirit untuk membangun pradaban, terutama spirit yang dibawa oleh aisiyah dan nasiatul aisiyah untuk mengembangkan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi.

“Diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan ilmu yang mereka dapat dan belajar dalam kehidupan nyata, menyiapkan taman bacaan yang berbasis literasi untuk membantu masyarakat memberikan dampak pada pembentukan karakter yang baik pula di masayarakat.” Ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Jember.

Dr. Nurul Qomariyah, M.M mengatakan bahwa KKN mendorong setiap mahasiswa agar bekerja di Desa dalam rangka pengabdian dalam jangka waktu tertentu untuk tinggal dan bekerjasama membantu masyarakat pedesaan dalam mengerjakan persoalan pembangunan, selain itu mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi dan dalam upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan.

“KKN Tematik UM Jember masih tetap mengusung tema KKN tematik dengan harapan disetiap desa yang ditempati oleh mahasiswa dapat membangun satu ruang taman bacaan untuk masyarakat.” Ungkap Dr.Nurul Qomariyah M.M

Total peserta pada KKN tahun 2018 ini berjumlah 286 peserta yang terdiri dari berbagai fakultas dan program studi. Dalam satu kelompok beranggotakan 20 mahasiswa yang akan disebar di beberapa kecamatan diaantaranya kecamatan Silo, Mayang, dan Ajung. KKN akan dilaksanakan diawal Agustus dan berakhir pada awal September 2018.

Selain itu perlu Sobat FoKus ketahui,  5 perwakilan mahasiswa KKN UM Jember berhasil terpilih sebagai perwakilan untuk bergabung dalam kegiatan KKN untuk Negeri. Mahasiswa tersebut diantaranya Khoirul Anam (Fisipol-ilmu Pemerintahan), Damar Aji Nugroho (Fisipol-Ilmu Pemerintahan), Adilan Haqiqi (Fisipol-Ilmu Pemerintahan), Jabo Malarangeng (Fisipol-Ilmu Pemerintahan), dan Sholikhatun Nurjannah (FKIP-Bahasa Inggris). (Jul)

 

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Gugur Satu, 4 Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Malang Ikuti Pengundian Nomor Hari ini

Dari 5 jumlah total pendaftar Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Malang (UM), telah gugur 1 kandidat. Dari proses verifikasi yang...

Close