Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berhasil Sulap Jagung jadi Susu

Infokampus.newsMinggu (12/8) KKN tim II Universitas Diponegoro  Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan menggelar Expo UMKM yang dirangkai dengan kegiatan jalan sehat bersama warga. Uniknya, mahasiswa Undip memperlihatkan inovasi baru dari hasil agraria berupa jagung yang di sulap menjadi susu.

Digelar di Kantor Kecamatan Wirosari, EXPO ini memamerkan berbagai potensi unggulan dari 12 desa KKN yaitu Dapurno, Dakoro, Tambakselo, Mojorebo, Kalirejo,Kropak, Karangasem, Tanjungrejo, Tambakrejo, Sambirejo, Gedangan dan Tegalrejo.

Koordinator KKN Kecamatan Grobogan Krisna Hidayatullah mengatakan jagung hanya diolah berupa marning dan emping sehingga Mahasiswa Undip memperlihatkan inovasi baru dari hasil agraria berupa jagung. Mahasiswa KKN menyulap jagung menjadi susu yang kaya protein.

Menanggapi inovasi mahasiswa KKN, Camat Wirosari, Drs. Kurnia Saniadi MSi memberikan apresiasi yang baik terhadap upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Kurnia berharap kerja nyata mahasiswa yang telah berjalan selama 35 hari dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan potensi desa menjadi komoditas yang lebih bernilai,

“Contohnya seperti di desa Dakoro, potensi jagung yang berlimpah tadi bisa dimanfaatkan dengan bantuan dari mahasiswa, masyarakat diajar untuk mengolahnya menjadi susu jagung. Itu menjadi bermanfaat atau menambah nilai dari jagung itu daripada dijual langsung asli jagungnya. Dan di desa lain juga banyak potensi-potensi yang lain,” ujarnya.

Selain membuat inovasi olahan susu dari jagung Tim II KKN Undip membuat terobosan dalam upaya pengolahan sampah. Upaya ini direalisasikan dengan menginisiasi adanya bank sampah, pengolahan pupuk dari limbah pertanian, pembuatan ecobrick,pembuatan bahan bakar dari limbah plastik dan sebagainya. Ketua LPPM Undip, Prof. Dr. Sutedjo Kuat memaparkan semoga seluruh upaya yang telah dilakukan mahasiswa dapat bermanfaat dan seyogyanya dapat diteruskan. Sutedjo berharap inisiasi mahasiswa KKN Undip tetap dapat dikembangkan dan berjalan dengan baik.

Selain itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan diversifikasi terhadap produk kopi, sebagai salah satu produk Unggulan di Temanggung. Pengolahan hasil kopi yang dilakukan selama ini masih sebatas dalam bentuk biji saja tanpa ada pengolahan dalam bentuk lain. Mahasiswa kkn undip kemudian emmbuat sebuah resolusi yaitu dengan menciptakan masker kopi yang diebri label Bmask Coffe. (JUL)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Seputar Dunia Kampus
Mahasiswa Baru Perlu Pahami Hal Seputar Dunia Kampus

Infokampus.news – Apa ya yang harus saya persiapkan untuk menjadi mahasiswa baru? Bingung? Pengen cepet lulus kuliah? Pengen jadi lulusan

Close