Mahasiswa Kreasikan Pangsit Lele untuk Camilan Sehat

Infokampus.news – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), Yudi Setiyo mengkreasikan camilan sehat berbahan dasar lele. Menurut dia camilan yang diberi nama Pangsit ‘Bule’ Budidaya Lele itu mengandung gizi tinggi yang berguna untuk tubuh.

“Lele memiliki kandungan gizi yang baik, salah satunya protein yang tinggi,” sebutnya disitat dari laman UNY, Kamis (24/11/2016).

Baca Juga:

Lele, ujar Yudi, merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki ketahanan hidup yang tinggi. Hal tersebut memberi keuntungan, yakni mempermudah proses produksi. “Alasan terakhir adalah keberterimaan cita rasa lele di masyarakat kita,” terangnya.

Mahasiswa asal Purworejo itu menjelaskan, cara pembuatan pangsit dengan isian lele, yakni dimulai dari pemberisahan lele, kemudian dikukus. Setelah matang, daging dan duri lele dipisahkan.

“Siapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih cincang, salt and pepper, lalu saute lele dengan bumbu tersebut. Pastikan lele hingga beraroma dan matang sempurna lalu angkat, kemudian masukkan ke dalam pangsit,” paparnya.

Inovasi camilan tersebut pun berhasil meraih juara kedua dalam Kreasi Pangan Jajanan Sehat Berbahan Dasar Hasil Perikanan dan Kelautan yang merupakan serangkaian acara Gelar Cipta Boga (GCB) 2016 Universitas Negeri Malang. Atas prestasi tersebut, Yudi mengaku bersyukur lantaran produk olahannya mendapat respon yang baik dari para pengunjung stan.

“Tapi sebenarnya ide ini sudah tercetus semenjak beberapa bulan lalu dimana saat itu saya mengikuti program KKN,” tandasnya. (FAM)

 

Sumber: Tempo

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kampus terbaik di AS
Kampus Terbaik di AS untuk Kuliah Teknik

Teknik selalu menjadi fakultas favorit bagi mahasiswa Internasional di setiap kampus terbaik di AS setiap tahunnya.

Close