Mahasiswa Ma Chung Raih Juara Berkat Roti Basi, Kok Bisa?

Infokampus.news – Berawal dari ide untuk memanfaatkan limbah makanan berupa roti afkiran alias roti basi agar tidak terbuang sia-sia, tiga orang mahasiswa Universitas Ma Chung berhasil menjuarai kompetisi Business Plan yang diselenggarakan oleh HMJ Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada 11 Oktober 2018 yang lalu.

Dalam kompetisi yang bertemakan sociopreneur yang membawa kearifan lokal ini, Gusti Ayu Shinta Berta, Jacqueline Febrina, dan Rizka Ayu Larasati membawa proposal bisnis membuat kerajinan khas Malang yaitu Topeng Malangan berbahan dasar roti afkiran.

“Bahan dasar roti afkiran ini kami usung karena murah, bahkan gratis, mudah ditemukan karena produsen roti sangat banyak di kota Malang, serta cara pengolahannya mudah,” demikian ujar Rizka Ayu. “Roti afkiran ini dicampur dengan beberapa bahan, diolah sehingga menghasilkan adonan yang mirip clay sehingga mudah dibentuk,” sambungnya.

“Topeng Malangan kami pilih karena kami juga harus membawa kearifan lokal dalam bisnis kami,” ujar Shinta. “Memang yang kami buat belum seindah buatan pengrajin, namun kami berusaha agar dapat semirip mungkin dengan topeng aslinya,” ujarnya sembari tertawa.

Ketiga mahasiswi semester 7 Program Studi Manajemen FEB Universitas Ma Chung ini rupanya tidak ingin berhenti sampai di kompetisi ini saja. “Kami berencana untuk menggandeng komunitas pengrajin Topeng Malangan lokal untuk menggunakan bahan roti afkiran ini,” sambung mereka. “Yang kami lihat sekarang, kerajinan topeng malangan masih berbahan kayu atau fiber – dimana bahan-bahan ini kurang ramah lingkungan, kurang sustainable, dan mahal. Kami ingin mengajak mereka menggunakan bahan yang lebih murah dan gampang didapatkan,” pungkas mereka.

Karena kreativitas mereka ini, para juri yang terdiri dari para praktisi dunia industri dan akademisi menghadiahi mereka dengan peringkat pertama di kompetisi ini, menyisihkan tim dari Universitas Indonesia (juara 2), Universitas Prasetiya Mulya (juara 3), dan peserta dari 30 universitas se-Indonesia lainnya. (Jul)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Zero Hunger
UNITRI Atasi Gizi Buruk Gelar Indonesia Goes to Zero Hunger

Infokampus.news - Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATIP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) usung tema “Indonesia Goes To Zero Hunger” dalam

Close