Mahasiswa Manfaatkan SBMPTN 2016 untuk Berdagang!

Pemandangan unik terjadi di lokasi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, yakni di Universitas Brawijaya (UB). Di tengah hiruk pikuk peserta ujian dan orangtua yang mendampingi, tampak beberapa pedagang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Alih-alih pedagang keliling atau asongan, ternyata mereka adalah para mahasiswa UB sendiri.

“Ini sebenarnya inisiatif mahasiswa untuk mencari uang, guna menambah penghasilan salah satunya dengan berjualan makanan” ucap  salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UB, Selasa (31/5/2016).

Mahasiswa-Jualan

Para Mahasiswa ini mengatakan tidak hanya berjualan saat momen SBMPTN saja, mereka juga kerap berjualan di acara- acara lain yang diadakan di kampus Universitas Brawijaya. Masing-masing kelompok menjual berbagai produk dengan modal yang telah mereka kumpulkan. Hasil dagangannya harus bisa balik modal atau bahkan mampu mendulang keuntungan.

Momen SBMPTN 2016, secara tidak langsung memberi keuntungan tersendiri bagi para Mahasiswa Universita Brawijaya. Sedangkan alasan mereka berjualan mi seduh, kopi, donat, dan risoles lantaran cukup diminati banyak orang dan sudah ada penyalurnya.

“Kami berjualan tidak hanya hari ini. Kalau ada wisuda dan acara-acara lain juga banyak yang jualan,” terangnya.

Menurut salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya yang berdagang di sekitar gedung Samantah Krida, berdagang di keramaian cukup menguras tenaga. Mereka pun punya cara tersendiri supaya tidak disangka sebagai pedagang asongan.

“Ini pakai rompi kampus supaya seperti mahasiswa. Semoga SBMPTN 2016 membuat dagangan kami laris dan bisa mencapai target pendapatan,” tutupnya. (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *