Mahasiswa Rancang Aplikasi Smartphone untuk Deteksi Autisme

Infokampus.news – Seorang mahasiswi State University of New York di Buffalo bernama Kun Woo Cho bekerja sama dengan sejumlah ilmuwan merancang suatu aplikasi smartphone untuk deteksi autisme. Aplikasi ini dikembangkan melalui smartphone, komputer, atau tablet.

Aplikasi ini fokus mendeteksi autism spectrum disorder (ASD) pada anak usia dua tahun. Hal ini agar anak bisa mendapat intervensi dan penanganan sejak dini karena di usia tersebut otak anak sedang berkembang.

“Otak terus tumbuh dan berkembang setelah lahir. Semakin cepat terdiagnosis, semakin baik sehingga bisa segera menginformasikan terapi yang tepat,” ujar Assistant Pediatrics Professor, Michelle Hartley-McAndrew, sebagaimana dilansir dari Inquisitr, Rabu (23/11/2016).

Aplikasi ini didesain untuk melihat gerakan mata anak ketika mereka melihat gambar-gambar yang ditampilkan. Melalui gerakan mata itulah aplikasi akan memindai tanda-tanda autisme.

Baca Juga:

Tim peneliti menilai, aplikasi ini sangat positif untuk digunakan para orangtua. Deteksi yang dilakukan juga cepat, yakni hanya butuh satu menit untuk memindai pergerakan mata anak. Berdasarkan hasil studi, aplikasi smartphone ini punya tingkat keberhasilan sebesar 93,96% untuk mendeteksi tanda-tanda autisme.

“Saat ini aplikasi masih berupa prototype. Kami harus mempertimbangkan kondisi neurogis lain, termasuk bagaimana dampak jika dipakai oleh ADD,” pungkas Kun Woo Cho. (FAM)

 

Sumber: Inquisitr

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kunjungan Dubes Australia ke UMM, Perkuat Kerjasama Pendidikan Indonesia-Australia

Duta Besar Australia Paul Grignson menghadiri kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hari ini, Selasa, 22 Nopember...

Close