Ingin Jadi Mahasiswa Rantau dengan Biaya Hidup Terjangkau? 6 Kota Ini yang Kalian Cari!

Infokampus.news – Menjelang pendaftaran SBMPTN dan seleksi mandiri perguruan tinggi ini, pasti Sobat FoKus sedikit banyak dibingungkan dengan berbagai pilihan jurusan dan universitas. Kalau masalah jurusan, sesuaikan saja dengan passion kalian. Coba uji minat dan bakat kalian di salah satu software di link berikut: Website Uji Minat dan Bakat. Mengenai universitas, beberapa dari Sobat FoKus pasti ingin mencari yang favorit sekaligus dekat dengan tempat tinggal. Namun jika Sobat FoKus ingin mengadu nasib di kota lain, maka tak ada salahnya untuk menjadi mahasiswa rantau. Soal biaya jangan terlalu dijadikan beban, 6 kota ini mungkin akan bantu Sobat FoKus untuk mencari referensi kampus di tanah rantau dengan biaya hidup terjangkau.

Destinasi Mahasiswa Rantau, Biaya Hidup di Kota-Kota ini Sangat Terjangkau
1. Purwokerto

Purwokerto ini salah satu kota yang recommended untuk dijadikan tujuan rantau. Selain memiliki pemandangan yang elok dan spot-spot kekinian alias Instagram worthy, Purwokerto dipenuhi dengan tempat-tempat makan dan akomodasi murah yang cukup terjangkau oleh kantong mahasiswa. Biaya hidup yang perlu kalian sediakan kira-kira mencapai Rp 1.000.000 per bulan.

Perguruan Tinggi di Purwokerto:

2. Yogyakarta

Wilayah yang dijuluki dengan Kota Pelajar ini memang surganya para pelajar. Bagaimana tidak? Daerah istimewa yang kaya akan budaya dan destinasi wisata ini mempunyai segudang institusi pendidikan berkualitas tinggi yang dikelilingi oleh penyedia kebutuhan primer dengan harga yang amat terjangkau. Dengan merogoh kocek sejumlah Rp 300.000 per bulan, kalian sudah mendapatkan kamar kos dengan fasilitas kamar mandi luar. Kalau mau fasilitas yang lebih lengkap dan kamar mandi dalam, budgetnya sekitar Rp 750.000 – Rp 1.000.000 per bulan. Sementara itu, dengan Rp 6.000 – Rp 10.000 kalian sudah bisa mengenyangkan perut untuk sekali makan. Lebih murah lagi jika kalian makan di angkringan, hanya dengan Rp 2.000 per porsi sudah bisa ditukar dengan nasi kucing khas Jogja. Murah sekali, bukan?

Perguruan Tinggi di Yogyakarta:

3. Solo

Solo atau Surakarta ini masih bersaudara lho dengan Yogyakarta. Kebudayaan Jawa yang masih kental begitu lestari di kota ini. Meskipun demikian, ternyata hidup di Solo ini membutuhkan biaya yang lebih murah daripada biaya hidup di Jogja. Cukup dengan Rp 400.000 – Rp 600.000 per bulan, kalian bisa mendapatkan kamar kos dengan kamar mandi dalam serta fasilitas yang lengkap. Hanya dengan Rp 4.000 – Rp 6.000 kalian bisa makan nasi plus sayur.

Perguruan Tinggi di Solo:

4. Banyuwangi

Banyak dikunjungi oleh para wisatawan sebab kaya akan keindahan alam seperti Kawah Ijen dan Pulau Merah, Banyuwangi juga banyak dikunjungi oleh mahasiswa asal kota lain. Biaya hidup di Banyuwangi memang tergolong berkisar di standar kantong mahasiswa. Dalam sebulan, Rp 750.000 per orang sudah bisa mendapatkan tempat tinggal, makan, transportasi, dan lain sebagainya.

Perguruan Tinggi di Banyuwangi:

5. Malang

Wajar jika dijuluki Kota Pendidikan, dengan puluhan perguruan tinggi dan ratusan sekolah dasar hingga menengah yang tersebar di seluruh kota Malang. Belum lagi ratusan sekolah-sekolah serta beberapa kampus-kampus swasta yang berlokasi di wilayah kabupaten. Malang adalah salah satu tujuan pendidikan yang patut dipertimbangkan dengan banyaknya pilihan institusi baik negeri maupun swasta yang berkualitas dengan biaya pendidikan yang disesuaikan. Biaya hidupnya juga relatif murah. Mulai dari Rp 300.000 saja kalian bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak. Untuk kos dengan fasilitas yang lengkap, harga sewa biasanya dibanderol dari harga Rp 600.000 ke atas. Semakin strategis lokasinya, maka umumnya semakin mahal. Namun jika telaten, Sobat FoKus bisa mendapatkan harga yang terjangkau di manapun lokasinya. Untuk biaya makan, mulai dari Rp 5.000 kalian bisa mendapatkan makanan mulai dengan menu rumahan hingga lalapan.

Perguruan Tinggi di Malang:

6. Cirebon

Kota Cirebon, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk calon mahasiswa rantau. Cirebon merupakan salah satu kota dengan biaya hidup yang terjangkau, yakni sekitar Rp 1.000.000 per bulan. Biaya tersebut sudah bisa mencakup biaya penginapan, makan, transportasi, dan lain sebagainya.

Perguruan Tinggi di Cirebon:

Nah, dengan harga yang begitu terjangkau, sudah mantap ingin menjadi mahasiswa rantau? Tentunya, Sobat FoKus harus bisa berhemat apalagi jika masih meminta pada orang tua. Jangan buta oleh gaya hidup yang di luar kemampuan kita. Itu tadi beberapa kota sebagai referensi bagi kalian untuk kuliah di tanah rantau. Sebenarnya, selama menganut prinsip “Janganlah melihat ke atas, melihatlah ke bawah”, Sobat FoKus akan survive di manapun kalian tinggal. Semangat! (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Presiden jokowi
Resmikan Gedung Bundar UNISMA, Presiden Jokowi Undang Langsung Rektor Prof. Maskuri Ke Istana Minggu Depan

Pagi ini (29/3) presiden Jokowi resmikan gedung bundar Al - Asy'ari Universitas Islam Malang dan gedung rektorat Umar Bin Khattab...

Close