Mahasiswa STIKI Malang Raih Runner-up Lomba Desain Souvenir Official Kabupaten Malang

Infokampus.news, MalangSTIKI Malang kembali torehkan prestasi gemilang, kali ini melalui sosok bernama Ghulam Najmuddin, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) angkatan 2017. Pada gelaran bertajuk kompetisi desain suvenir official Kabupaten Malang, Ghulam meraih posisi kedua. Lomba yang dilangsungkan sejak November 2017 ini disponsori langsung oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia.

Keterlibatan Ghulam pada kompetisi ini sekaligus mengajarkannya tentang bagaimana menciptakan produk suvenir yang menonjolkan ciri khas dari Kabupaten Malang. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan karya yang dapat diterima oleh masyarakat umum.

“Saya mencoba membuat produk desain grafis dengan mem-branding tempat yang ada di Kabupaten Malang seperti tempat wisata. Lalu saya mengaplikasikannya di kaos, tote bag, pigura, dan gantungan kunci sehingga mudah dibawa oleh wisatawan. Produknya pun minimalis dan mudah produksi. Titik utama pada produk ini pun ada pada desainnya yang mudah diterima oleh masyarakat umum,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Ghulam ini.

Selain hal tersebut, Ghulam juga mendapati pengetahuan berharga akan pentingnya riset dan analisis pada objek sebelum dituangkan menjadi karya desain. Hal itu menurutnya penting agar tidak semata-mata kita mengadopsi objek menjadi karya tanpa mengetahui asal-usulnya.

“Contohnya saat saya akan membuat desain sebuah candi maka saya harus tahu sejarahnya dulu lalu relief-reliefnya, tinggi bangunannya dan lain-lain. Jadi kita bisa benar-benar tahu desain apa yang akan kita buat,” tutur Ghulam.

Terbiasa Ikut Kompetisi, Mahasiswa STIKI Malang Ajak Masyarakat Peduli Budaya

Tak hanya kompetisi desain suvenir, Ghulam ternyata juga sering mendapat juara dan aktif dalam organisasi. Pengalamannya ini yang kemudian dijadikan acuan untuk terus berkarya dengan tetap memedulikan budaya daerah.

“Harapan kita anak muda wajib mengharumkan budaya daerah kita. Dari sini saya harap bisa membuat semangat kepada anak muda sehingga membuat karya yang kreatif tentang budaya kita,” tukas Ghulam. (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mahasiswa jepang
Lincah, Para Mahasiswa Jepang Nikmati Belajar Budaya di STIE Malang Kucecwara

Sejak tanggal 16 Februari hingga 9 Maret kemarin sebanyak 27 orang mahasiswa Jepang dari Universitas Kajian Internasional Kanda Jepang mengikuti...

Close