Mahasiswa Teknik Elektro Unmer Malang Persiapkan Lucy, Aurel dan Salamander Untuk KRI 2018

Infokampus.news – Tim mahasiswa jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Merdeka (FT Unmer) Malang mengembangkan robot yang akan dipersiapkan dalam kompetisi robotika tingkat nasional. Diwakili oleh Eko Wahyu Prasetyo, Danu Syaiful Abubakar dan Dwi Agung Al Ayubi, mahasiswa menciptakan 3 robot yang mereka beri nama Lucy, Aurel dan Salamander.

Menurut Danu, “Kami sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI 2018) yang akan diselenggarakan di Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 1-3 Mei mendatang dan proses merancang robot ini kita mulai dari Januari lalu.

“Dalam kompetisi ini kami mengikuti tiga kategori yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan berharap dapat menembus tingkat nasional.” ,tutur Dwi.

Eko menjelaskan robot Lucy dan Aurel mengandalkan sensor suara dan mengkonversikannya kedalam gerak tari secara berpasangan. Sedangkan Salamander didesain untuk menyerap sensor panas dan memadamkan titik panas tersebut. “Sampai saat ini, kami bersama tim masih terus menyempurnakan sistem permata program sehingga benar-benar optimal saat kompetisi nanti.” ,sambung mahasiswa semester VI tersebut.

Target yang ingin dicapai kedepan adalah kontes robot tingkat nasional di Universitas Muhammadyah Yogyakarta dan Pasific Robot Contest 2018 di Vietnam. “Untuk itu kami ingin agar KRI di Polinema menjadi awal yang bagus bagi robot yang kami kembangkan.” ,pungkas Dwi.

Mahasiswa Teknik Elektro Unmer Malang menyadari bahwa perkembangan dunia industri saat ini telah mengarah kepada teknologi robotika. Maka dari itu, mereka terus mengedepankan riset untuk menghasilkan jenis robot yang bermanfaat bagi kebutuhan industri, kesehatan dan rumah tangga. Sebagai motivasi, beberapa mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan studi banding ke Jepang sebagai salah satu pusat industri robotika di Asia. (Pus/Hum)

Sumber: Humas UNMER Malang

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
jenis tes bahasa inggris
Ini Dia Jenis Tes Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui!

Infokampus.news - Ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mau tak mau membuat kalian harus bisa berbahasa Inggris, terlebih jika kalian

Close