Mahasiswa Teliti Jamur Tiram untuk Turunkan Kolesterol

Infokampus.news – Tidak mengontrol pola makan dengan baik menjadi penyebab semakin maraknya penderita kolesterol di Indonesia. Namun siapa sangka, kondisi tersebut justru menginspirasi dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meneliti bahan pangan seperti jamur tiram yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol.

Kedua mahasiswa tersebut, yaitu Aulida Fitriyyah dan Anas Assari. Dalam penelitiannya, jamur tiram putih mereka manfaatkan sebagai pengganti kedelai yang produksinya semakin menurun.

Maulida menjelaskan, zat lovastatin pada jamur tiram bisa menggantikan isoflavon pada kedelai yang bekerja sebagai antioksidan.

“Jadi zat tersebut akan mencegah proses oksidasi dari lipid atau yang biasa kita sebut dengan lemak,” papar Maulida dinukil dari laman ITS, Jumat (25/11/2016).

Di sisi lain, mekanisme kerja lovastatin pada jamur tiram berpengaruh terhadap kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dalam tubuh, yakni sejenis lemak yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah. Lovastatin, lanjut dia, menghambat sintesis kolesterol di hati.

“Karena kesamaan fungsi dari kedua zat itu lah, kami memilih jamur tiram putih yang digunakan sebagai pengganti kedelai dalam menurunkan kolesterol,” tuturnya.

Baca Juga:

Saat ini, penelitian sendiri masih berupa esai. Keduanya berharap, penelitian dapat dilanjutkan hingga publikasi agar masyarakat juga tahu jika kedelai dan jamur bisa menurunkan kolesterol.

“Ada rasa penasaran dan ingin meneliti. Antara isoflavon dan lovastatin ini lebih efektif mana dalam menurunkan kadar kolesterol,” tukas Maulida. (FAM)

 

Sumber: ITS

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Seminar Nasional UM: Guru Dituntut Berkarakter dan Profesional!
Seminar Nasional UM: Guru Dituntut Berkarakter dan Profesional!

Seminar nasional pendidikan profesi guru di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) hari ini diikuti oleh 1006 dengan antusias....

Close