Mahasiswa UB Bisa Ajukan Keringanan dan Penundaan UKT, Asalkan..

Infokampus.news, Malang – Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap tahun Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan terus melambung naik dan harganya tidak murah. Namun tentu akan ada keringanan dan penundaan UKT jika memang para mahasiswa memiliki kendala serius hingga tak mampu membayar UKT.

Begitupun para mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), rektor Prof. Dr. Nuhfil Hanani menjelaskan (15/5) jika menurut peraturan rektor Universitas Brawijaya no. 17 tahun 2019 para mahasiswa bisa mengajukan keringanan UKT karena beberapa faktor.

“Dasarnya kalau orang tua mereka meninggal, pensiun, mengalami PHK atau sakit permanen sehingga tidak bisa bekerja.” Ungkapnya.

Namun keringanan UKT pun juga akan berlaku jika mahasiswa sudah menempuh minimal 2 semester awal. Sehingga untuk membayar UKT semester 3 mereka baru bisa mengajukan keringanan atau penundaan UKT.

Selain itu pertimbangan lain untuk meringankan UKT atau bahkan pembebasan UKT yakni karena adanya bencana alam atau mahasiswa sudah hampir menyelesaikan studinya.

“Kalau terdampak.bencana di domisili orang tua atau wali siswa, usaha mereka bangkrut atau mereka sedang menunggu yudisium.” Tandasnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  Monopoli Elektronik (ME 3IN1), Inovasi Mahasiswa UNIKAMA Hadapi Kemajuan Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *