Mahasiswa UGM Wakili Indonesia dalam Kompetisi Startup di Hongkong

Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mewakili Indonesia di ajang internasional. Berkat kemenangannya di Asia Social Innovation Award 2016 tingkat nasional, dua mahasiswa, yakni Silva Eliana dan Arief Faqihudin berhak mengikuti kompetisi startup sosial yang diselenggarakan oleh Social Ventures Hongkong.

Kompetisi sendiri ditujukan untuk memberikan solusi atas berbagai persoalan yang terjadi di Asia. Terdapat ratusan peserta yang mengikuti ajang ini, seperti Indonesia, Hongkong, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan negara lainnya di kawasan Asia.

“Nantinya kami akan berkompetisi dengan 10 pemenang lainnya perwakilan masing-masing regional,” ujar Arief dinukil dari laman UGM, Senin (9/1/2017).

Mahasiswa dari Fakultas Teknik itu menjelaskan, kompetisi startup dimulai dengan seleksi ide bisnis sosial tingkat regional di 11 wilayah Asia. Kemudian, ide bisnis sosial terbaik maju ke babak final di Hongkong.

Arief dan Silva mengajukan ide startup berupa pengembangan aplikasi bernama COASS. Aplikasi ini dapat menghubungkan mahasiswa profesi dokter gigi atau ko-asistensi (ko-ass) dengan pasien sesuai dengan kebutuhan dan jadwal perawatan keduanya.

“COASS merupakan platform yang mempertemukan kebutuhan perawatan dan jadwal yang sesuai antara pasien dan mahasiswa ko-ass,” tutur Silva.

Di Hongkong, keduanya akan diberikan kesempatan untuk mengasah ide dan pengembangan model bisnis melalui pembinaan dalam lokakarya startup sosial serta pitching ide. Satu ide terbaik dari hasil pitching dipilih menjadi pemenang, dan berhak memperoleh coaching dan masuk dalam keanggotaan di ‘House of Social Innovators’ selama satu tahun, serta mendapat uang pembinaan sebesar USD9.020.

“Mohon doa dan dukungannya semoga kami bisa tampil secara maksimal dan mengharumkan nama Indonesia maupun UGM di kancah global,” pungkasnya. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Sakit Pendidikan USU Diharapkan Dapat Layani Kesehatan Masyarakat

Rumah Sakit Pendidikan USU resmi dioperasikan hari ini. Pengoperasian RS pendidikan pertama di Sumatera Utara itu diresmikan Menristekdikti.

Close