Mahasiswa UHO Demo Perkara UKT di Hari Anti Korupsi

Infokampus.news, Malang – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) terlibat aksi demonstrasi di Kantor Sekretariat DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) hari ini, Jumat, 9 Desember 2016. Dalam aksi tersebut mereka menuntut kejelasan pengusutan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UHO. Aksi ini digelar bersamaan dengan peringatan hari anti korupsi yang jatuh pada tanggal 9 Desember.

Baca Juga:

Jenderal lapangan aksi, Ibrahim, dalam orasinya menyebut bahwa pemberlakuan UKT UHO di tahun 2012 cacat hukum. Sebab surat keputusan (SK) rektor nomor 305/UN29/SK/KU/2012 tertanggal 4 Juni 2012 tidak sejalan dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) nomor 305/E/T/2012 tentang larangan menaikan SPP di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa proses implementasi UKT terdapat kejanggalan.

“Proses implementasinya terdapat pula kenjanggalan didalamnya, mulai dari tidak adanya survei terhadap mahasiswa angkatan 2012. Fasilitas kampus juga tidak menunjukkan perbedaan dari tahun sebelumnya padahal sudah dianggarkan dan seharusnya dialokasikan dari UKT yang dibayarkan mahasiswa,” kata Ibrahim seperti dikutip zonasultra.com.

Kejanggalan penerapan UKT juga terjadi pada tahun 2013, 2014, dan 2015. Selain tidak ada pemerataan besaran UKT, penerapan UKT di UHO juga semakin buruk. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya nominal UKT yang tidak disesuaikan dengan kondisi finansial mahasiswa akibat survei yang dilakukan tidak merata.

Kejadian yang sama terulang pada tahun 2016, tidak adanya penambahan fasilitas sehingga KBM Teknik UHO menggelar aksi dengan tuntutan  agar DPRD Sultra memberikan rekomendasi kepada pihak penegak hukum untuk segera melakukan pemerikasaan terhadap pimpinan UHO. Mereka juga mendesak transparansi pengelolaan anggaran kemahasiswaan oleh birokrasi kampus.

Penulis : Galuh Pandu

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa ITS Mengolah Limbah Plastik Jadi Bio Fuel

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu mengolah limbah plastik kemasan minuman

Close