Mahasiswa UI Ini Menangkan Mapres Nasional!

Infokampus.news – Mahasiswa berprestasi atau biasa disingkat MAPRES merupakan salah satu ajang pemilihan mahasiswa-mahasiswa berbakat di semua kampus. Di tingkat nasional, mereka juga akan bersaing lagi dengan para mapres lainnya untuk menjadi mahasiswa berprestasi di Indonesia.

Di tahun 2016 ini penyabet gelar Mapres utama nasional program S1 diraih oleh salah satu mahasiswa Universitas Indonesia. Mahasiswa tersebut bernama Irman Faiz, mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2012. Penganugerahan Mapres Nasional ini telah dilaksanakan pada acara penutupan pemilihan Mapres Nasional di Yogyakarta, Selasa silam (16/08/2016).

Seleksi Ketat Namun Persiapan Juga Matang

Dilansir dari Kabar Kampus, Faiz terpilih sebagai mahasiswa berprestasi utama nasional setelah melewati serangkaian seleksi panjang dan bersaing dengan 13 pesaing lainnya. Pemilihan Mapres Nasional 2016 ini terdiri atas dua babak, yaitu babak penyisihan dan final. Babak penyisihan memilih 16 kandidat terbaik dari seluruh program sarjana dari 200 perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Pada babak penyisihan inilah ia meraih kesempatannya untuk menunjukkan bakatnya di ajang bergengsi ini. Disini dia dan para kandidat lain diwajibkan untuk menyerahkan karya tulis tentang isu seputar negara kita yang sedang terjadi.

Baca Juga :

Karya Dari Pemikiran Terbaik

Dari karya tulis yang dia hasilkan inilah pengantarnya menuju kemengangan. Karya tulisnya  yang berjudul “Inovasi Strategi pemberantasan Korupsi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa : Studi Kasus Indonesia” telah menarik hati para juri. Pada karya tulisnya ini, Faiz merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengatasi korupsi dari dua sisi yaitu hulu dan hilirnya.

Ia menjelaskan bahwa sisi hulu dapat dilakukan dengan penanaman nilai anti korupsi sejak dini. Salah satu ide yang Faiz ajukan adalah membuat permainan ular tangga berbasis nilai anti korupsi sehingga mudah dipahami anak-anak. Lebih lanjut, Faiz merekomendasikan untuk membuat indikator kerja KPK dan meningkatkan realisasi hukuman koruptor.

Dari karya ini ia juga menuturkan untuk menyampaikan kepada para muda-mudi di Indonesia agar tetap berjuang, karena kerja keras tidak akan menghianati hasil. (ir)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Pedagang Keliling Ini Raih IPK 4,00!

Kabar gembira kali ini datang dari salah satu mahasiswa pedagang keliling atau biasa kita sebut pedagang asongan. Pekerjaan sehari-harinya

Close