Mahasiswa UM Setuju Jumat Tanpa Polusi

Infokampus.news, Malang –  Jalanan berpaving Universitas Negeri Malang (UM) menjadi lebih lengang setiap hari Jumat. Alasannya adalah kegiatan car free day yang menegaskan bahwa kendaraan bermotor dilarang harus diparkir di area-area khusus dan tidak boleh dikendariai masuk lebih jauh ke dalam area kampus.

Kegiatan ini sudah berlaku sejak hampir dua tahun lalu, tepatnya sejak tanggal 15 Mei 2015. Peraturan car free day ini berlaku setiap hari Jumat mulai pukul 06.00 hingga pukul 14.30 WIB. Setelah itu, kendaraan bermotor dipersilahkan untuk kembali menjelajah di area kampus.

Para mahasiswa UM pun mengapresiasi kebijakan ini sebagai kegiatan yang positif. Mereka merasa turut berperan aktif menyelamatkan lingkungan dengan diberlakukannya car free day rutin setiap minggu ini.

“(Dengan diberlakukannya car free day ini) polusi dari asap sepeda motor dan mobil di UM jadi berkurang. Terasa kok kalau udara jadi sedikit lebih segar,” ujar Muhamad Ridlwan, mahasiswa Fakultas Ekonomi UM angkatan 2014.

Ia juga menyoroti keuntungan kegiatan car free day ini dari faktor kesehatan. Mahasiswa yang akrab disapa Ridlwan ini mengaku sudah terbiasa ‘dipaksa’ untuk lebih sehat selama satu hari setiap minggunya.

“Yang jelas lebih sehat,asap kendaraan berkurang dan kita juga olah raga sedikit sedikit dengan jalan kaki,” katanya.

Setuju Karena Polusi Suara Turut Berkurang

Jika Ridlwan memilih alasan berkurangnya polusi udara sebagai alasannya mendukung kegiatan car free day di UM, beda halnya dengan Septian Eko Widiantoro. Septian yang merupakan adik tingkat Ridlwan ini turut mendukung kegiatan car free day Karena alasan berkurangnya polusi suara.

“Kalau pas car free day begini UM jadi tenang, nggak bising kayak jalan raya,” kata mahasiswa yang akrab disapa Asep ini.

Asep bahkan merasa senang Karena dengan dilaksanakannya car free day di UM ini dia bisa mendengar suara burung berkicau di area UM. “Kalau hari biasa kan yang kedengaran Cuma suara knalpot. Enak kalau begini (kegiatan car free day), bisa dengar burung-burung, rasanya jadi kayak piknik,” ujarnya sambil tertawa. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Jumat, Kendaraan Berjubal di Area Parkir UM

Yang menjadi permasalahan dari pemusatan area parkir di beberapa titik saja tersebut adalah padatnya jumlah kendaraan bermotor yang diparkir.

Close