KKN UMM, Mahasiswa Berhasil Dorong Produksi Sapi di Tajinan

Infokampus.newsKelompok KKN PPM 04 yang ditempatkan di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang dengan total 30 mahasiswa yang tergabung didalamnya, mereka berhasil dorong produksi sapi di Tajinan.

Dibawah koordinator Humam Abdul Rouf, serta dibimbing oleh Bustanul Arifin Spd Mpd dan Ir Tedjo Budiwijono MP, Program unggulan mereka adalah formulasi awetan hijauan kering (hay) dan basah (silase), serta konsentrat untuk memacu pertambahan berat badan sapi potong lokal, targetnya Kelompok Ternak Brahman Unggul Desa Gunungronggo.

Alasan memilih program ini karena Indonesia yang memiliki pangsa pasar sapi terbesar di Asia Tenggara dengan kebutuhan daging sapi sekitar 670 ribu ton pertahun, sementara produksi daging sapi lokal Indonesia sekitar 440 ribu ton per tahun. Artinya 230 ribu ton harus dipenuhi melalui impor.

Dilansir melalui Radar Malang, Humam Abdul Rouf menuturkan bahwa dalam waktu dua bulan, mahasiswa KKN PPM 04 mengadakan demonstransi dan pendampingan pembuatan pakan awetan basah (silase), pakan awetan ekring (hay) dan konsentrat di 5 RW desa Gunungronggo. Selain itu, peternak diajarkan cara mengukur berat badan sapi dengan menggunakan rumus yang sederhana.

Harapannya, program ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Gunungronggo, seperti peternak mengetahui cara mengukur berat badan sapi cara penjualan tidak lagi menggunakan harga taksiran bobot. Peternak berpeluang meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual sapi yang telah digemukkan secara efisien dengan harga yang layak jual.

Selain program yang telah dijelaskan diatas, KKN PPM 04 melalui divisi kesehatan telah melaksanakan program posyandu lansia, di divisi pendidikan dan keagamaan melaksanakan program bimbingan belajar gratis untuk siswa SD, mengajar di TPQ, serta membuat rumah baca Lentera untuk meningkatkan budaya literasi, dan dari divisi ekonomi kreatif melaksanakan program pembuatan desain logo kemasan beras hitam dan merah.

KKN ini dilakukan demi mewujudkan tri darma perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Kemenristekdikti menggelar kuliah kerja nyata pembelajaran pengabdian masyarakat (PPM) pada 1 Maret hingga 9 Juni lalu. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yaitu Nasihul Mukmi dan Sarabila Karima yang berasal dari Program Studi (Prodi) Agribisnis dan Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan, berhasil sulap limbah tahu menjadi pupuk organik. Inovasi ini diberi nama Vegedrilla, inovasi kali ini dapat mendukung kebutuhan manusia sesuai dengan kondisi terkini. Nah, kali ini mereka  memanfaatkan limbah tahu sebagai pupuk organik bagi tanaman microgreen, hydrilla dan juga hidrogel. Nasihul mengatakan bahwa…
  • Infokampus.news - Nurmalasari mahasiswa angkatan 2014 yang baru saja menyandang gelar Sarjana Perikanan dari Program Studi Budidaya Perairan (Perikanan) Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM Malang, berhasil olah ikan bandeng tanpa duri berbagai rasa. Olahan ikan bandeng ini diberi nama BANGDDUR (Bandeng Tanpa Duri) cita rasa Nusantara. Kalian pernah pasti makan bandeng tanpa duri kan? Jika biasanya bandeng tanpa duri yang beredar di pasaran merupakan hasil proses presto untuk melunakkan durinya, berbeda…
  • Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptaklan inovasi berupa mesin cuci gowes yang membuat tubuh sehat sekaligus penggunannya super irit sebab tanpa menggunakan listrik melainkan menggunakan tenaga manusia sebagai sumber energi penggeraknya. Inovasi ini dibuat karena tugas mata kuliah Pengembangan Produk untuk membuat sebuah karya. Arfian Sinatrya Darussalam bersama 8 orang anggota kelompoknya membuat alat baru dengan memodifikasi berbagai peralatan lama dibawah bimbinan Muhamad Lukman selaku dosen pembimbing. Dengan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
lowker bumn pt surveyor indonesia
Informasi Lowongan Kerja BUMN PT Surveyor Indonesia

Infokampus.news -  PT Surveyor Indonesia (Persero) melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Juli tahun 2018

Close