Mahasiswa UMM Ini Luncurkan Buku Tentang Penyelaman Spiritualitas

Infokampus.news, Malang –  Ikhwan Marzuqi, Mahasiswa semester lima program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM), menggelar peluncuran sekaligus bedah buku ketiga karangan dirinya yang berjudul “ Spiritual Enlightenment : Kenali, Cintai dan Sayangi Pencerahan Spiritual,” di Toko Buku Gramedia Ismail Marzuki Malang, Minggu (16/7/2017). Dalam bedah buku tersebut, Ikhwan menceritakan kesannya yang mendalam pada ranah spiritual. buku ini sendiri berisi tentang berbagai renungan, langkah-langkah, dan arahan untuk menerapkannya dalam semua bidang kehidupan.

“Bagi yang menganut agama, spiritual memiliki makna untuk memahami sebuah keikhlasan hati yang senantiasa mengabdi kepada Tuhan, atau kepada semesta bagi yang tidak memiliki agama. Pengabdian tersebut akan memberikan sebuah perasaan tersendiri untuk menyelami hakikat kehidupan, serta mengerti peran-peran kita sebagai khalifah-Nya di muka bumi,” paparnya.

Buku “Spiritual Enlightenment” ini sendiri mempunyai tebal buku sebanyak 184 halaman yang terbagi dalam 3 bab yaitu Mengenali, Mencintai dan Menyayangi. Seperti dilansir di Laman UMM, inspirasi Ikhwan sebenarnya berawal dari sebuah pepatah “Tak kenal maka tak cinta, tak cinta maka tak sayang” yang kemudian dirangkainya dalam bentuk buku untuk mencapai pencerahan spiritual.

Ikhwan Marzuqi Gemar Menulis Berkat Dukungan Program UMM

Dengan diterbitkannya buku “Spiritual Enlightenment”, Ikhwan sendiri tercatat telah menelurkan 3 buah buku. Dua buku lainnya yaitu Heart Journey dan Inner Peace, ditulis Ikhwan saat dirinya masih menyandang status mahasiswa baru. Namun begitu, kedua judul buku ini tidak sampai diterbitkan oleh penerbit mayor seperti buku ‘Spiritual Enlighment’ yang tengah dibedah ini.

Diakui Ikhwan, kegemarannya menulis dimulai saat Ia mengikuti Program Pelatihan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK). P2KK sendiri merupakan program wajib mahasiswa baru UMM dimana para mahasiswa baru akan berada dalam asrama selama sepekan penuh. Dalam kegiatan P2KK tersebut, Salah satu materi yang Ikhwan dapat adalah materi tentang kepenulisan. Dari kegiatan itulah Ikhwan merasa termotivasi, dan dari sanalah dirinya mulai menseriusi dunia kepenulisan.

Warek I UMM Apresiasi Buku Spiritual Enlightenment

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si yang turut hadir dalam peluncuran dan bedah buku tersebut mengaku sangat mengapresiasi karya yang hasilkan oleh Ikhwan. Menurutnya, Ikhwan sangat luar biasa karena berani mengangkat tema yang biasanya ditulis manusia yang telah matang dalam menjalani kehidupannya.

“Menulis tentang spiritualitas itu tidak gampang. Kebanyakan buku itu memuat tentang apa yang ada di luar diri kita, sehingga lebih mudah memahaminya. Sementara berbicara tentang spiritualitas, adalah objek yang ada di dalam diri kita. Ketika seorang penulis memilih objek spiritualitas dalam karya tulisnya, maka sang penulis akan banyak menulis pengalamannya sendiri,” Ungkapnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengumuman Seleksi Mandiri UM, Jumlah Penerima Bidikmisi Sangat Tipis

Hari ini Universitas Negeri Malang (UM) menerima sekitar 2.400 orang mahasiswa baru dari jalur seleksi mandiri. Hal ini diungkapkan oleh...

Close