Mahasiswa UMM berhasil Olah ikan Bandeng tanpa Duri Berbagai Rasa

Infokampus.news – Nurmalasari mahasiswa angkatan 2014 yang baru saja menyandang gelar Sarjana Perikanan dari Program Studi Budidaya Perairan (Perikanan) Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM Malang, berhasil olah ikan bandeng tanpa duri berbagai rasa.

Olahan ikan bandeng ini diberi nama BANGDDUR (Bandeng Tanpa Duri) cita rasa Nusantara. Kalian pernah pasti makan bandeng tanpa duri kan? Jika biasanya bandeng tanpa duri yang beredar di pasaran merupakan hasil proses presto untuk melunakkan durinya, berbeda halnya dengan produk satu ini.

Bermula dari tugas mata kuliah Praktik Usaha Perikanan atau biasa dikenal dengan aquapreneurship, produk tersebut menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Bersama tiga orang temannya yaitu Muhammad Soleh, Fernanda Rahmadillah Putri dan Sabarudin, mereka berhasil memasarkan produk inovatif ini. Bisnis tersebut bahkan telah meraih omzet hingga 10 juta rupiah untuk setiap 100kg bandeng yang diproduksi.

Inspirasinya muncul ketika melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) disalah satu perusahaan swasta di Probolinggo yang membudidayakan udang vannamei dan bandeng. Perusahaan ini melakukan dua budidaya dalam satu wadah serta memproduksi bandeng tanpa duri. Dari sini, Nirmala mendapatkan ilmu tentang teknik memfilet bandeng.

Dalam seminggu Nirmala, melakukan produksi satu minggu tiga kali dalam memasarkan produknya baik secara konvensional di berbagai toko sayur modern maupun secara online dengan memanfaatkan media sosial. Tidak main-main, untuk kestabilan kulaitas dan kuantitas produk, Nirmala bermitra dengan pemasok ikan bandeng dari Probolinggo.

Perbedaan BNAGDUR Nusantara dengan bandeng presto lainnya tidak hanya pada rasa, namun juga teknik pembuatan. BANGDUR Nusantara teknik pemisahan daging dan durinya menggunakan teknik filet, sedangkan bandeng presto menggunakan teknik pemasakan dengan suhu rata-rata 121 derajat celcius dan varian rasa yang dimiliki yakni original, balado, rendang, dan sambal matah.

“Secara ilmu gizi, dinyatakan dalam salah satu jurnal yang menjadi acuan kita di proposal aquapreneurship bahwa bandeng presto dang bandeng segar setelah di presto gizinya hampir 98% hilang, jadi rasa dagingnya juga tidak enak. Dengan teknik filet, kita ingin menjaga kualitas daging dari bandeng itu sendiri, rasa juga gizinya tetap.” Tambahnya.

Berusaha merangkul. Memberdayakan dan berbagi ilmu, Nrimala dan tim saat ini mengajak peran serta adik itngkat khususnya mahasiswa Perikanan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perikanan, sedangkan Nirmala dan tim hanya mengurus manajemen produksi dan pemasaran. (Jul)

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Bagi kamu yang gagal menempuh pendidikan tinggi melalui jalus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jangan khawatir, coba simak pendaftaraan baru Universitas Muhammmadiyah (UMM) Malang 2018. Kali ini UMM memiliki total 10 fakultas diantaranya Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu…
  • Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptaklan inovasi berupa mesin cuci gowes yang membuat tubuh sehat sekaligus penggunannya super irit sebab tanpa menggunakan listrik melainkan menggunakan tenaga manusia sebagai sumber energi penggeraknya. Inovasi ini dibuat karena tugas mata kuliah Pengembangan Produk untuk membuat sebuah karya. Arfian Sinatrya Darussalam bersama 8 orang anggota kelompoknya membuat alat baru dengan memodifikasi berbagai peralatan lama dibawah bimbinan Muhamad Lukman selaku dosen pembimbing. Dengan…
  • Dalam wisuda ke-88 yang digelar UMM kemarin, menteri Puan Maharani menyampaikan persaingan yang makin ketat saat ini para fresh graduate harus memanfaatkan waktu sebaik

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mahasiswa baru umm 2018
Simak Pendaftaraan Mahasiswa Baru UMM Malang 2018

Infokampus.news – Bagi kamu yang gagal menempuh pendidikan tinggi melalui jalus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jangan khawatir,

Close