Mahasiswa UNAIR Lakukan Social Action Untuk Kembangkan Potensi Masyarakat di Pesisir Pantai Kenjeran

Infokampus.news – Economy Week (E-week) kembali hadir, kegiatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga ini berlangsung dengan sangat seru. Kali ini dengan menggandeng Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Economy Week (E-week) melakukan salah satu program kerja yakni Social Action.

Bertempat di Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya kali ini Social Action memiliki fokus untuk menyadarkan masyarakat bahwa Pantai Kenjeran dan kehidupan nelayan menyimpan sejuta potensi. Kurangnya pengetahuan masyarakat sekitar membuat kurangnya pemanfaatan yang ada disana.

“Potensi masyarakat di sana akan terdongkrak apabila Desa Sukolilo Baru diberdayakan dan dikembangkan,” ungkap Nadya Pramesti sebagai salah satu panitia Social Action.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Social Action, salah satunya adalah Sekolah Pesisir yang diadakan bersama di SD Muhammadiyah 9 Kenjeran dengan memberi materi belajar membaca dengan media buku dongeng kepada anak-anak disana.

“Kegiatan dilakukan di sana mengingat minimnya pengajar yang mampu memberikan edukasi bagi anak tingkatan sekolah dasar. Sehingga dengan adanya Social Action ini dapat memberikan edukasi sekaligus tempat berbagi para mahasiswa,” terangnya.

Social Action kali ini ternyata membuahkan hasil positif, terlihat dari antusias dari anak-anak yang penuh semangat mengikuti kelas-kelas yang telah dibuat oleh para panitia. Tidak hanya materi, anak-anak juga diajarkan praktek yang dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkatan kelas.

Pentingnya Kesadaran Sosial Bagi Masyarakat Pesisir Pantai Kenjeran

“Dengan ini, harapannya kesadaran sosial kita sebagai mahasiswa lebih meningkat. Lebih peka bahwa di sekitar kita masih banyak anak-anak yang belum mengetahui pentingnya pendidikan. Memang kebanyakan alasannya adalah minim biaya dan membantu orang tua. Tapi kita harus lebih peka akan realitas sekitar,” tegasnya.

Dalam kegiatan Social Action panitia juga melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Kenjeran, hal ini dilakukan karena Pantai Kenjeran saat ini sudah menjadi destinasi wisata yang sudah ramai didatangi oleh para wisatawan. Selain itu Pantai Kenjeran juga memiliki potensi wisata dan sumber daya yang sangat bagus, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan apa yang sudah ada disana. (has)

Sumber : http://www.unair.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Institut Teknologi Sumatera Berikan Penghargaan Pada Wapres dan Menristekdikti Sebagai Bentuk Apresiasi Perkembangan Kampus

Pada saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah terbuka dengan kemajuan teknologi

Close