Mahasiswa UNIPA ikuti Program Hibah KKN-PPM DRPM KEMENRISTEKDIKTI

Infokampus.news – Sebanyak 141 mahasiswa UNIPA  yang mengikuti program hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) DRPM Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2018 secara resmi diberangkatkan oleh Wakil Rektor I Dr. Hartono, M.Si di lapangan Kader Bangsa Unipa pada rabu (1/8).

Dalam sambutannya, beliau mengatakan agar mahasiswa senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama supaya program yang diusung dapat berjalan dnegan lancar dan bisa membawa perubahan yang positif di desa yang dituju, beliau berharap agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamaternya.

Peserta Hibah KKN-PPM DRPM KEMENRISTEKDIKTI nantinya akan menyebar di tiga desa, diantaranya gedangrowo Kecamatan Prambon Sidoarjo, Desa Seketi Kecamatan Balong Bendo Sidoarjo, desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Program utama yang diusung adalah budidaya jamur tiram, pengolahan limbah kotoran sapi menjadi biogas dan konservasi air tanah dengan sumur resapan.

“Sebelum dilepas untuk KKN-PPM mahasiswa telah dibekali dengan materi terkait program sekaligus praktik langsung yang dilakukan di kampus.” Ujar Dr. Dra. Sukarjati, M.Kes kepala LPPM Unipa Surabaya saat penyerahan dan penerimaan mahasiswa di desa Sukarjati mengeaskan bahwa mahasiswa membawa program pemberdayaan bukan pembangunan.

Beliau menghimbau agar mahasiswa memanfaatkan momen ini untuk belajar bersama dengan masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, serta mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat dan mengatasi permasalahan yang bersifat mendesak untuk jangka pendek menegah atau jangka panjang.

Setiap program yang dijalankan selalu menyertakan masyarakat di dalamnya karena dengan begitu menandakan kesuksesan program yang dijalankan, nantinya setelah prosesi serah terima mereka harus mampu segera beradaptasi dengan lingkungan desa.

Unipa patut berbangga, di tahun anggaran 2018 sebanyak tiga proposal menang hasil seleksi  Nasional pertama, proposal Dra.Siti Istikhoroh, M.Si dengan judul Budidaya Jamur Tiram sebagai alternatif Peningkatan Penghasilan Keluarga di Desa Gedangrowo Kecamtan Prambon Sidoarjo. Kedua, Subakir, M.Si dengan judul KKn Pemberdayaan Kelompok Dasa Wisma Mandiri dengan energi terbarukan melalui pengolahan limbah kotoran sapi menjadi biogas di Desa Seketi Kecamatan Balong Bendo Sidoarjo dan ketiga Indah Nurhayati, ST., MT dengan judul Pola Pemebrdayaan Masyarakat melalui Konservasi Air Tanah dengan Sumur Resapan Guna Meningkatkan Ketersediaan Air Tanah di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.  (Jul)

Berita Terkait

  • Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di Desa Tlogosari-Dampit menggandeng 228 wali murid serta siswa siswi TK dan PAUD. Kegiatan ini dalam berupa seminar
  • Infokampus.news – Sebanyak 204 mahasiswa KKN Tematik Universitas Pendidikan Pancasila (UPI) kampus Purwakarta diserahterimakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Penyerahan tongkat beserta cenderamata oleh Direktur UPI Kampus Purwakarta, Drs. Turmudi., M.Ed., M.Sc., Ph.D., kepada camat Jatiluhur Asep Supriatna, S.IP, S.AN, MM merupakan simbolis dari acara pelepasan KKN UPI Kampus Purwakarta 2018. Serahterima dilakukan oleh Sekertaris LPPM UPI, Dr. Yadi Rukyadi, M.Si dan Pjs. Bupati Purwakarta yakni…
  • Infokampus.news – Kelompok KKN PPM 04 yang ditempatkan di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang dengan total 30 mahasiswa yang tergabung didalamnya, mereka berhasil dorong produksi sapi di Tajinan. Dibawah koordinator Humam Abdul Rouf, serta dibimbing oleh Bustanul Arifin Spd Mpd dan Ir Tedjo Budiwijono MP, Program unggulan mereka adalah formulasi awetan hijauan kering (hay) dan basah (silase), serta konsentrat untuk memacu pertambahan berat badan sapi potong lokal, targetnya Kelompok…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Hadapi Arus Globalisasi, Para Mahasiswa UNIKAMA Dapat Petuah Ini

Menyikapi arus globalisasi yang ditandai cepetnya perkembangan teknologi membuat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bertindak cepat...

Close