Tiga Mahasiswa Universitas Andalas Ikuti Kongres di Korea Selatan

Infokampus.news – Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mendelegasikan tiga nama dalam suatu ajang bertajuk APCMS (Asia Pasific CardioMetabolic Syndrome) Congress di Seoul, Korea Selatan pada hari Jumat (23/2) dan Sabtu (24/2) lalu. Tiga mahasiswa Universitas Andalas ini adalah Lintang Sekar Sari, Annisa Amalina, dan Handyka Milfiadi.

“Acara ini merupakan hasil kerja sama beberapa lembaga yaitu GW-ICC (Great Wall International Congress of Cardiology, China), JCC (Japanese College of Cardiology, Japan), dan KSC (Korean Society of Cardiology),” papar Lintang Sekar Sari.

Sejumlah 32 pakar internasional berpartisipasi sebagai komite dalam kongres ini, di antaranya yakni Drs. Eckel, Després, Keaney (NEJM Associate Editor), Walsh (past Associate Editor, Circulation), Harold (past president, ACC), Derumeaux (ex-Scientific Program Chairperson, ESC), Fonseca (past president, ADA), Hu (founder, GW-ICC) and Zhao, Komuro (president, JSC), Daida (president, JCC), Lim (past president, APSC), Tomlinson (president, APSAVD) dan 53 pakar domestik sebagai anggota komite lokal yang di antaranya ada Drs. Jong-Won Ha, Hyun Ho Shin, dan Hong Seog Seo.

“Kongres ini dilaksanakan bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai CardioMetabolic Syndrome dan berbagai kecenderungan ras dalam memengaruhi CardioMetabolic Syndrome,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini diikuti oleh 15 negara dan berasal dari 41 institusi pendidikan ternama, salah satunya adalah Universitas Andalas. Salah satu persyaratan untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah dengan mengirimkan abstrak penelitian mereka ke pihak panitia. Peserta yang lolos seleksi abstrak selanjutnya diundang ke Seoul, Korea Selatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut digelar di Grand Hilton, Seoul.

Kwang Kon Koh, MD, PhD, FACC, selaku ketua pelaksana membuka kegiatan tersebut pada hari pertama simposium sekaligus sebagai pembicara bersama San Hyun Kim dari Seoul National University dan Sang Hyun Ihm dari The Catholic University. Di hari pertama ini, materi yang dibahas adalah mengenai dosis obat optimal untuk kasus dislipidemia, hipertensi, serta mekanisme kerja obat optimal.

mahasiswa universitas andalas

Hari kedua diisi dengan presentasi oleh seluruh delegasi yang telah lolos seleksi abstrak kemudian dilanjutkan dengan sesi materi berikutnya. Setelah dua sesi yang masing-masing membahas isu terkini dan risiko mengenai Cardiometabolic Syndrome, acara ditutup dengan pengumuman.

“Pada kesempatan kali ini, salah satu dari kami yaitu Handyka Milfiadi mendapatkan Prize Drawing,” tutupnya. (Peb/Him)

Sumber: Humas dan Multimedia FK Unand 2018

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mahasiswa ipb
Kulit Manggis Memang Ada Ekstraknya, Tapi Kalau Dibuat Pengawet Cabai? Mahasiswa IPB Ini Ahlinya!

Infokampus.news - Selera rakyat Indonesia memang tidak jauh-jauh dari makanan pedas, sebab selain mempunyai banyak resep tradisional yang turun temurun,

Close