Mahasiswa Universitas Ehime Jepang Gali Ilmu Budaya di Tana Toraja

Infokampus.news – Sebanyak 21 mahasiswa dari Universitas Ehime Jepang beserta dua dosen melakukan studi banding mengenai budaya di Tana Toraja. Mereka akan banyak belajar dan menggali ilmu budaya Toraja selama tiga ahri.

Dua mahasiswa Universitas Hasanuddin beserta satu mahasiswa asal Jepang yang kuliah di Indonesia ikut dalam rombongan mahasiswa Jepang. Kedatangan mereka disambut hangat Pemerintah Kabupaten Tana Toraja di Rumah Jabatan, Bupati Tana Toraja, Minggu 16 September 2018.

Kedatangan mereka ke Indonesia berawal dari pengalaman Moto Simagami merupakan salah satu dosen pendamping yang menemani mahasiswa Ehime Jepang ke Tana Toraja. Moto Simagami mengaku tertarik dengan Toraja karena pada tahun 2000 yang lalu dirinya pernah berada di Toraja selama 6 bulan meneliti mengenai perubahan status Desa menjadi Lembang. Nah selama 6 bulan inilah Moto Simagami banyak belajar mengenai Budaya Toraja dan dirinya ingin ada generasi muda Jepang yang juga bisa belajar hal itu.

“Mewakili Pemerintah dan Masyarakat Toraja berterimakasih atas kunjungan para mahasiswa ini ke Toraja. Semoga mahasiswa Jepang bisa mendorong suatu langkah-langkah atau inspirasi ke depan untuk Toraya Maelo” Ungkap Nicodemus Biringkanae selaku Bupati Tana Toraja.

Beliau yakin dan percaya bahwa Mahasiswa Jepan Ehime bisa bersinergi dengan Mahasiswa UKI Toraja dan STAKN Toraja bisa bersinergi dalam mendorong inovasi dan gagasan mengenai potensi Toraja, terangnya lebih lanjut.

Nico berharap para mahasiswa dari Jepang hidup berperilaku sebagai masyarakat Toraja selama di Toraja. Selama tiga hari di Toraja, mahasiswa Universitas Ehime jepan akan didampingi oleh mahasiswa UKI Toraja dan STAKN Toraja.

Nantinya mahasiswa Jepang ini akan mengunjungi beberapa lokasi seperti Perkampungan Adat Saluallo, SD Saluallo, SD Buntu Salombe, perkebunan Kopi Toarco Jaya Bittuang dan berkunjung ke sejumlah objek wisata.

Mahasiswa Jepang ini nantinya akan melihat langsung kehidupan masyarakat Toraja seperti ma’tannun, mepare, ma’lambu, ma’nasu bo’bo, mantunu lendong, ma’piong, mangrarang, menghadiri pesta pernikahan serta berdisksui dengan tokoh adat mengenai budaya Toraja. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
juara umum MTQ
Kafilah UM berhasil Raih Juara UMUM MTQ Mahasiswa Regional Jatim V tahun 2018

Infokampus.news – Kafilah UM kembali menorehkan hattrick kedua, seusai dinobatkan sebagai juara umum MTQ mahasiswa Tk. Regional Jawa Timur V

Close