Mahasiswa UNNES Ikuti Aksi Peduli Nepal Melalui Youcan Global Heroes

Infokampus.news – Nepal merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya hidup dalam kemiskinan, hampir tiga perempat masyarakat di Nepal berprofesi dibidang pertanian. Selain itu angka pengangguran yang tinggi membuat masyarakatnya makin terpuruk dalam garis kemiskinan. Pada tahun 2015, banyak anak-anak di Nepal yang belum mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, kemiskinan membuat masalah sosial semakin bertambah bagi masyarakat Nepal. Fasilitas kesehatan, kebersihan, gizi dan sanitasi sendiri dapat dikatakan sangat kurang layak, terlebih di daerah pedesaan yang masih sulit untuk mendapatkan akses untuk perawatan kesehatan.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Youth Action for Nation (YOUCAN), perwakilan dari Young Professional Development Society Nepal (YPDSN) dan 20 mahasiswa Indonesia yang berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Udayana, dan beberapa kampus lainnya turut bergabung dalam aksi sosial ini.

Menjadi Satu-Satunya Perwakilan Dari UNNES

Erlin Mega Priliani Mahasiswa jurusan Ilmu Komputer terpilih menjadi salah satu delegasi dalam kegiatan Youcan Global Heroes yang akan dilaksanakan pada 26-31 Agustus di Kathmandu, Nepal. Erlin Mega Priliani menjadi satu-satunya delegasi yang mewakili Universitas Negeri Semarang, sebelumnya harus melalui proses seleksi yang panjang dan ketat dan berbuah manis dapat terpilih sebagai perwakilan di Youcan Global Heroes.

Youcan Global Heroes sendiri akan dilakukan selama sepekan dengan agenda kegiatan pengabdian kepada masyarakat (social project), conference dan mini research. Youcan Global Heroes memiliki tujuan untuk mengirim para pahlawan muda Indonesia untuk mengabdi dan belajar ke negara lain yang membutuhkan.

Untuk peserta Youcan Global Heroes yang telah mendapatkan pengalaman serta ilmu selama mengikuti kegiatan ini diminta untuk menuangkan ide dan gagasannya untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam bentuk tulisan/essay. Diharapkan para peserta Youcan Global Heroes dapat memiliki kepekaan sosial, dan menjadi pahlawan di negara lain yang lebih membutuhkan. (has)

Sumber : http://unnes.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Multifungsi, Pembangunan Gedung Baru Fakultas Farmasi UNAIR Akan Segera Selesai

Gedung baru Fakultas Farmasi Universitas Airlangga telah memasuki proses pembangunan, gedung yang dibangun sejak 15 Juni 2015 lalu itu tengah memasuki proses...

Close