Mahasiswa Unpad Kembangkan Abon Jerami Nangka

Infokampus.newsMahasiswa program studi Sastra Arab Universitas Padjajaran (Unpad) yaitu Pidi Apriyadi, Muhammad Iwbal, Lisna Afriyanti, Rina Nurul Shobarlah dan Rifa Rafkahanun berhasil mengembangkan abon jerami nangka.

Kelimanya memanfaatkan bagian nangka yang kerap dibuang sehingga mampu menggantikan serat daging sebagai bahan utama abon. Karena harga daging di pasaran acapkali mengalami fluktuasi harga dan berpampak pada manajemen produksi abon yang terbuat dari serat daging ayam, sapi atau ikan. Untuk itu, pengolahan jerami nangka menjadi alternatif untuk menekan biaya produksi abon.

Produk abon kreasi Pidi dan kawan-kawan ini diberi nama “Abrakadabra” atau “Abon Jerami Nangka Dahsyat Berasa”. Produk ini berhasil didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kewirausahaan tahun 2018 dengan dosen pembimbing Dr. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S.

Menurut Pidi, pemilihan jerami nangka sebagai bahan baku bukan tanpa alasan yang jelas. Selain bahan bakunya sederhana, yang paling penting jerami nangka ini memiliki kandungan gizi. Berikut kandungan gizi dari jerami nangka berdasarkan informasi yang kami dapat : 76,24 % Air, 0.53 % Abu, 1,30 % Protein,  Lemak, 0,60 % , dan karbohidrat 15, 87 %.

Dilansir melalui website resmi Unpad, Pidi dan kawan-kawan mengolah abon secara sederhana yakni jerami nangka dipotong untuk memisahkan kulitnya, jerami yang sudah dipotong kemudian dicuci bersih.

Tahap selanjutnya, jerami nangka direbus bersama daun salam, lengkuas, dan garam hingga empuk. Jerami kemudian ditiriskan menggunakan mesin peniris serta diaduk dan ditumbuk bersama rempah-rempah yang telah dihaluskan.

Selanjutnya, jerami nangka disangrai sampai kering, setela disangrai hingga kering dan berwarna cokelat muda, jerami nangka kembali ditiriskan. Di tahap akhir, olahan diblender untuk mendapatkan tekstur abonnya.

Abon jerami nangka ini juga berpotensi menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menikmati abon nondaging. Abon ini juga dapat dinikmati semua kalangan. Selama ini jerami nangka biasanya hanya dijadikan pakan ternak namun di tangan mahasiswa Universitas Padjajaran, Jerami nangka bisa diolah menjadi abon bernilai ekonomis. (Jul)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kampus informatika dengan program internasional
STIKI, Kampus IT dengan Program Internasional di Malang

Infokampus.news - Kampus Elang—STIKI—adalah kampus informatika dengan program internasional di kota Malang. STIKI memiliki kerja sama internasional dengan universitas di

Close