Mahasiswa UNTAG Surabaya Ciptakan Alat Deteksi Ikan

Infokampus.news – Afis Sabi Masrury Mahasiswa Teknik Informatika UNTAG Surabaya berhasil menciptakan aplikasi deteksi ikan berbasis Android dengan nama Fish Finder. Alat deteksi ikan berbasis android ini disebut mampu memudahkan nelayan mendeteksi dan memanggil ikan di kedalaman 100 meter.

Afis menjelaskan, Fish finder ( pencari ikan ) adalah salah satu kemajuan teknologi digital yang bermanfaat untuk membantu aktifitas manusia, yaitu bermanfaat bagi nelayan atau pelaut. “Sebenarnya teknologi fish finder ini sudah ada namun dengan harga yang cukup mahal sehingga dari sinilah hal yang melatarbelakangi saya untuk membuat aplikasi ini dengan alasan karena nelayan yang menggunakan HP Android (Smartphone) itu sudah banyak” Kata Afis.

Menurut Afis, penggunaan smartphone ialah sebagai pengganti posisi GPS Garmin dalam membaca hasil pembacaan sensor fish finder. Selain itu, dengan teknologi bluetooth yang cukup canggih dapat menghemat biaya pengeluaran nelayan karena tidak perlu membeli pulsa paketan untuk menghubungkannya dengan alat pembaca lokasi ikan.

“Untuk pemakaiannya, alat ini cukup dipasang di dasar atau samping perahu. Dengan sendirinya alat ini bisa mendeteksi keberadaan ikan di lokasi nelayan yang sedang berhenti,” ujar Afis. Dengan ini nelayan tidak perlu membeli fish finder dengan harga yang cukup mahal.

Dengan memanfaatkan smartphone yang mereka miliki atau dengan membeli smartphone baru dengan harga yang cukup murah. Nelayan sudah dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dan mencari ikan.

“Walaupun masih banyak kekurangan dan perlu dikembangkan saya berharap dengan penelitian ini bisa membantu para nelayan kecil memberikan informasi mengenai posisi ikan dengan memanfaatkan smartphone, sehingga teknologi ini dapat membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan,” ucap Mahasiswa yang hobi memancing tersebut. (FAM)

 

Sumber: Republika

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa UGM Buat Obat Anti Peradangan Aman dan Murah

Hanya saja, kebanyakan obat anti peradangan terbuat dari bahan-bahan kimia dan menimbulkan efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.

Close