Mahasiswa UPN Veteran Jatim Tunaikan Tugas KKN Tematik Bela Negara

Infokampus.news – Implementasi tridharma Perguruan Tinggi dibidang pengabdian kepada masyarakat terus dilakukan oleh UPN Veteran Jawa Timur. Sebanyak 256 mahasiswa gabungan yang terdiri dari 251 mahasiswa UPN Vetaran Jatim berhasil tunaikan tugas KKN tematik bela Negara.

Selain mahasiswa UPN Veteran Jatim ada juga 5 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam rangkaian kegiatan KKN Tematik bela Negara yang dilaksanakan pada selama dua minggu mulai pada tanggal 25 Juli 2018 hingga 8 Agustus 2018.

Dibuka langsung oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur pada 24 Juli di halaman rektorat, 256 mahasiswa ini dibagi menjadi 9 kelompok dengan lokasi yang berbeda. 1 kelompok di Kabupaten Sidoarjo, 1 kelompok di Surabaya, 2 kelompok di Kabupaten Nganjuk, 3 kelompok di Kabupaten Blitar, dan dua kelompok di Kabupaten Trenggalek.

Kelapa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Ir. Sukendah, M.Sc menjelaskan bahw atujuan KKN ini adalah memberikan penguatan karakter bela negara dan menanamkan jiwa korsa bagi setiap mahasiswa, tentunya mereka juga bisa mengimplementasikan teori yang didapatkan di kampus untuk bisa diterapkan di masayarakat sesuai dengan tema-tema KKN dengan semangat Bela Negara.

“harapannya dengan KKN Tematik ini mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus dapat diturunkan atau disampaikan, sehingga mahasiswa bisa menjadi motor penggerak perubahan kearah yang positif di tengah masayarakat.”

Sebelum mahasiswa berangkat ke lokasi KKN, mereka mengikuti pembekalan KKN yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 19-20 Juli 2018. Materi pembekalan ini meliputi materi bela Negara, materi umum KKN, etika komunikasi, sikap dan perilaku serta pembekalan teknis dari masing-masing tim pengusul atau DPL.  Nantinya Disana mereka bersama aparat dan masyarakat setempat ikut mengangkat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia agar lebih bermanfaat.

Sementara itu 5 mahasiswa perwakilan UPN Veteran Jawa Timur antara lain Dini Mutma’inah (Agroteknologi) Amin Fauzi (Agroteknolgi) Danny Septian Dwi Cahyo (Ekonomi Pembangunan) M. Fatih Al Karim (Agroteknolgi) dan Frisma Firlybidari Nurjatin (Teknik Kimia). Mereka dipilih berdasarkan rekomendasi dari LPPM. “awalnya kami ada 10 orang yang masing – masing aktif di ormawa, dipanggil oleh LPPM untuk mengikuti seleksi KKN Kebangsaan ini dan akhirnya setelah proses wawancara, terpilih 5 orang mahasiswa untuk mewakili UPN Veteran Jawa Timur” jelas Fatih. (Jul)

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di desa Tlogosari kecamatan Tirtoyudi kembali melaksanakan program kerja (proker) unggulan. Kali ini mahasiswa KKN UNIKAMA bekali siswa mitigasi bencana alam. Program kerja kali ini yaitu sosialisasi dan simulasi bencana alam atau yang biasa disebut mitigasi bencana alam. Kegiatan yang digawangi kelompok tiga peserta KKN ini bekerja sama dengan SMP PGRI 02 Tirtoyudo. “Mitigasi ini merupakan perencanaan atau upaya…
  • Infokampus.news – Sebanyak 141 mahasiswa UNIPA  yang mengikuti program hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) DRPM Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2018 secara resmi diberangkatkan oleh Wakil Rektor I Dr. Hartono, M.Si di lapangan Kader Bangsa Unipa pada rabu (1/8). Dalam sambutannya, beliau mengatakan agar mahasiswa senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama supaya program yang diusung dapat berjalan dnegan lancar dan bisa membawa perubahan yang positif di desa yang dituju, beliau…
  • Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di Desa Tlogosari-Dampit menggandeng 228 wali murid serta siswa siswi TK dan PAUD. Kegiatan ini dalam berupa seminar

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mitigasi bencana alam
KKN Mahasiswa Unikama Bekali Siswa Mitigasi Bencana Alam

Infokampus.news – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di desa Tlogosari kecamatan Tirtoyudi kembali melaksanakan program kerja

Close