Mahasiswa UWP Terapkan IPAL di Desa Terapung Banjir

Infokampus.news, Gresik – Air merupakan kebutuhan dasar untuk kehidupan manusia, terutama digunakan sebagai air minum, memasak makanan, mencuci, mandi dan kakus. Ketersediaan sistem penyediaan air bersih merupakan bagian yang selayaknya diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Kekeringan di sejumlah desa atau kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik terus meluas.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik memetakan 39 desa di tujuh kecamatan yang terserang efek kekeringan akibat kemarau panjang. Berangkat dari permasalahan tersebut  Mahasiswa Universitas Wijaya Putra yang terdiri dari  Hardo Wahyudi, Fitroh Abdul Khanif, Ihwan Andrianto, Miranda Dwi Pramitha dan Nur Aini Azizah mengajak Ibu PKK dan Karang Taruna mengolah limbah air rumah tangga ( grey water) dan air banjir menjadi air layak pakai dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) otomatis. Ide  tersebut dituangkan melalui program kreativitas mahasiswa pengabdian pada masyarakat di Desa Bulang Kulon Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik yang merupakan desa terapung banjir karena desa yang mengelilingi desa tersebut terdampak banjir musiman dari aliran sungai Lamong.

Teknologi ini dirancang dapat  dimanfaatkan kapan saja. Dimanfaatkan pada saat musim kemarau untuk mengolah limbah air rumah tangga guna mengurangi pencemaran lingkungan serta memenuhi kebutuhan air bersih yang dapat digunakan pada aktivitas sehari-hari. Dimanfaatkan pada saat musim penghujan untuk mengolah limbah air rumah tangga dan air banjir guna memenuhi kebutuhan air layak pakai serta digunakan sebagai budidaya ikan lele, dimana hasil dari budidaya ikan lele dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan dan biaya operasional IPAL tersebut.

Proyek Percontohan Pengolahan Limbah Air Rumah Tangga (grey water)

Pembangunan IPAL diharapkan dapat menjadi proyek percontohan pengolahan limbah air rumah tangga (grey water) dan air banjir  menjadi air layak pakai di desa tersebut, sehingga Desa Bualg Kulon dapat terbebas dari pencemaran lingkungan, kelangkaan air bersih dan mampu memanfaatkan air banjir. Penerapan program ini  diharapkan dapat menjadikan masyarakat Desa Bulang Kulon lebih sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan secara optimal dan berkelanjutan menuju lingkungan bersih dan sehat, pemanfaatan pekarangan dan penyediaan air bersih secara mandiri. Sehingga, meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara sosial dan ekonomi. Untuk menjaga kesinambungan maka dibentuklah sebuah komunitas, sehingga nantinya program ini akan terkelola dengan baik dan benar sesuai dengan pendampingan yang diberikan. Metode membentuk komunitas disini melibatkan pemuda-pemudi di Desa Bulang Kulon agar memiliki kegiatan positif yang bermanfaat untuk desa.

“Program ini sangat tepat diterapkan di Desa Bulang Kulon karena sesuai dengan permasalahan yang terjadi dimasyarakat, harapan saya nantinya setiap RT minimal memiliki 1 IPAL “ Ujar Gatot selaku aparat desa. ( Kampus Netizen )

Berita Terkait

  • Gangguan kesehatan jiwa menjadi masalah kesehatan uang memiliki angka kejadian cukup tinggi, hal ini diakibatkan oleh kuranganya pengetahuan di masyarakat, maka dari itu mahasiswa Unair tergerak untuk ciptakan Posyandu bagi Gangguan kesehatan Jiwa.
  • Infokampus.news – Serangan bom di Surabaya tempo hari menyisakan trauma yang mendalam bagi para korban. Karena hal ini, Universitas Airlangga (Unair) membuka layanan trauma healing bagi keluarga korban. Layanan ini akan melibatkan puluhan dosen di lingkungan Fakultas Psikologi Unair. Dilansir dari laman resmi Unair, trauma healing ini dibuka dengan tujuan merespon dampak buruk seperti trauma yang terjadi di keluarga korban paska terjadinya serangan bom di sejumlah tempat di Surabaya dan…
  • Infokampus.news - Siapa yang tak kenal dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya? Nah, bagi kamu yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri jenjang sarjana di Universitas Airlangga (UNAIR) alangkah lebih baiknya memerhatikan beberapa rangkaian tahap Seleksi Mandiri UNAIR 2018 berikut ini. Peserta yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri jenjang sarjana di Universitas Airlangga diharuskan mengikuti seleksi SBMPTN 2018 terlebih dahulu karena pada Seleksi Mandiri UNAIR 2018…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
DKVOLUTION Stiki Malang
DKVOLUTION, Ajang Pamer Karya Mahasiswa DKV STIKI Malang

Infokampus.news  – Liburanmu gabut? Suka lihat pameran?  atau kamu tertarik dengan jurusan Desain Komunikasi Visual? ingin melihat karya dari mereka? 

Close