Wih Para Mahasiswa Malaysia Ini Belajar Lukis Keramik Malangan dan Bikin Kue Basah!

Infokampus.news – Hari (9/2) ini para mahasiswa Universiti Putra Malaysia belajar membuat aneka pangan lokal fungsional dan melukis keramik Malangan dalam acara yang digelar FTP UB yang sudah digelar sejak beberapa hari lalu. Dibimbing chef Hendro dari Food Production and Training Centre (FPTC) FTP, sembilan belas mahasiswa Faculty of Engineering Universiti Putra Malaysia ini belajar membuat cake pisang, roti labu dan mie cincau.

Chef Hendro dalam paparannya menjelaskan bahwa pisang, labu dan cincau sengaja dipilih untuk memperkenalkan komoditas lokal Malang sekaligus manfaatnya bagi kesehatan dan kemudahannya dalam pengolahan.

“FPTC sengaja memilih pisang karena relatif mudah ditemui jadi mungkin tidak terlalu asing rasanya dengan lidah mereka. Namun jika biasanya pisang hanya disantap begitu saja, kali ini kami sajikan dalam bentuk cake sehingga lebih menarik selera. Selain itu pisang juga merupakan pangan fungsional yang mampu menormalkan fungsi jantung dan menjaga kesehatan mata, serta baik untuk melancarkan peredaran darah dan metabolisme,” paparnya.

Lukis Keramik Malangan dan Masak Kue Basah, Para Mahasiswa Malaysia Bangga

Lamin Manjang, salah satu mahasiswa UPM asal Gambia menuturkan dengan program ini ia bisa praktik berbagai pengetahuan secara langsung dengan gembira. “Kami juga jadi lebih mengenal cita rasa Indonesia yang ternyata enak. Saya baru kali ini melihat dan merasakan cincau. Di negara saya juga ada mie tapi tidak terbuat dari cincau. Di sini kami jadi belajar kandungan aneka bahan pangan sekaligus memasak dan memakannya langsung. It’s really fun,” katanya seraya tertawa.

Tak hanya mengikuti pelatihan pembuatan aneka pangan fungsional, kesembilan belas mahasiswa  Universiti Putra Malaysia ini juga belajar melukis keramik di Sentra Industri Keramik Dinoyo. Di UKM Keramik Malang milik bapak Syamsul Arifin yang terletak di Jalan M.T. Haryono Malang, para mahasiswa asing belajar tentang sejarah singkat hingga aneka motif lukisan keramik Malang. Tak hanya belajar teori, para mahasiswa UPM tersebut juga berkesempatan melukis langsung dan membawa pulang hasil keramik yang telah dilukisnya. (Pus/Dse)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kuota mahasiswa baru
Tahun 2018 UB Buka Sekitar 11.700 Kuota Mahasiswa Baru

Kuota mahasiswa baru UB diperkirakan akan naik tahun ini di angka sekitar 11.700 orang. Ditemui dalam acara pengenalan jalur masuk...

Close