Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Infokampus.news, Nasional– Tahukah kamu manfaat vitamin B Kompleks untuk tubuh? Vitamin B kompleks ternyata memiliki segudang kegunaan untuk tubuh yang jarang diketahui orang. Kebanyakan orang, biasanya abai untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini.

Adapun vitamin B komples adalah kombinasi dari delapan jenis vitamin B yang bisa larut dalam air. Umumnya, jenis vitamin ini sangat berguna pada metabolisme tubuh. Vitamin ini juga biasanya dikemas dalam bentuk satu suplemen.

Vitamin B kompleks sendiri terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B7, vitamin B6, vitamin B9 serta vitamin B12. Lantas, apa saja manfaat vitamin B kompleks untuk tubuh? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat vitamin B Kompleks

Secara umum vitamin B kompleks memilki beberapa manfaat yang harus diketahui. Beberapa manfaat ini bisa meningkatkan stamina tubuh serta menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Berikut ini manfaat dari tiap jenis vitamin B kompleks:

1. Tiamin atau Vitamin B1

Vitamin B1 atau Tiamin memiliki manfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf agar berjalan normal. Bagaimanapun juga, sistem saraf mempunyai peranan penting dalam kendali tubuh seseorang. Dianjurkan untuk asupan harian vitamin B1 bagi orang dewasa yakni 1,1 mg.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan vitamin jenis ini secara alami bisa mengkonsumi makanan yang terbuat dari gandum atupun bahan makanan lain seperti telur dan susu. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin B kompleks untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

2. Riboflavin atau Vitamin B2

Selanjutnya adalah vitamin B2 atau riboflavin yang berguna untuk mengurangi kelelahan, membantu metabolisme zat besi serta memiliki peran dalam pemeliharaan sel darah merah. Asupan harian yang disarankan untuk orang dewasa yakni 1,4 mg.

Kamu juga bisa mendapatkan kandungan jenis vitamin ini pada beberapa bahan makanan seperti sereal, telur dan sayuran hijau.

3. Niacin atau Vitamin B3

Manfaat vitamin B kompleks untuk jenis niacin atau B3 adalah bisa menjaga fungsi sistem saraf serta berperan penting untuk mengurangi gejala kurang energi dan kelelahan. Untuk sumber vitamin B3 yang sehat bisa kamu dapatkan di daging ayam, ikan dan gandum.

4. Pantotenat atau vitamin B5

Berikutnya yakni vitamin B5 yang bisa kamu dapatkan di bahan makanan seperti daging, ikan dan produk susu. Sedangkan untuk manfaat dari vitamin jenis ini adalah untuk membnatu tubuh mengolah vitamin D, mengurangi kelelahan serta mentar oksigen pada sel-sel tubuh juga berperan untuk menjaga kinerja pikiran.

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

5. Pyridoxine atau Vitamin B6

Secara umum vitamin B6 bis adidapatkan pada bahan makanan seperti ikan, bayam dan semangka. Manfaat yang dimilki oleh vitamin B6 ini yakni membantu pengolahan energi dan mengurangi kelelahan.

Selain itu, jenis vitamin B ini juga bermanfaat untuk menjaga fungsi pikiran tetap berjalan baik serta berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah.

6. Biotin atau Vitamin B8

Manfaat vitamin B kompleks jenis B8 ini untuk membnatu ragam jenis vitamin B diolah dengan baik di dalam tubuh. Adapun untuk mendapatkan vitamin B8 ini dapa jenis makanan seperti wortel, hati dan tomat.

7. Asam Folat atau Vitamin B9

Sumber vitamin B9 ini bisa didapatkan dari kacang polong, buah asam serta gandum. Untuk manfaatnya sendiri adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu juga bisa melawan kelelahan agar kondisi tubuh tetap prima.

8. Cobalamin atau Vitamin B12

Berikutnya vitamin B12 memiliki peran yang cukup krusial untuk kebaikan sistem saraf tubuh. Selain itu, manfaat vitamin B kompleks jenis jenis ini juga bisa membantu melawan efek kelelahan di dalam tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Tak hanya itu, vitamin jenis ini juga membuat sel darah merah untuk siap digunakan terutama di dalam sumsum tulang. Untuk mendapatkan asupan vitamin jenis bisa dari ikan, daging dan telur.

Manfaat Vitamin B Kompleks
ilustrasi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks (Foto: pixabay.com)

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat vitamin B kompleks yang perlu diektahui. Setiap jenis vitamin B memiliki manfaat yang beragam dan memiliki peran penting untuk tubuh. Bagi nada yang tidak sempat mengonsumsi bahan-bahan makanan di atas untuk mendapatkan kandungan vitamin B, bisa melalui suplemen.

Salah satu suplemen yang direkomendasi karena memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh adalah Berocca. Berocca bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harianmu di tengah kesibukan yang padat.

Kandungan yang ada dalam suplemen ini juga banyak seperti vitamin B kompleks, Vitamin C, magnesium, kalsium, dan zinc. Kamu tidak akan merasa kelalahan dan daya tahan tubuhmu tetap terjaga. (adn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.