Manfaatkan Libur Lebaran, Yuk Kita Wisata Museum Yang Anti Mainstream!

Infokampus.news, Malang – Menyongsong musim libur panjang lebaran tidak ada salahnya bila kamu merencanakan tujuan wisata yang ingin kamu tuju saat berjalan-jalan dengan sahabat maupun keluarga kamu. Nah, bila sobat Fokus saat ini sedang berada di kota Jakarta, kebetulan sekali kali ini Infokampus akan memberikan beberapa tempat rekomendasi wisata di kota Jakarta yang pastinya anti Mainstream yaitu wisata Museum. Wisata museum sendiri merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dilakukan. selain mendapat hiburan, kamu juga bisa dapat wisata edukasi yang biasanya tidak kamu dapatkan dibangku sekolah maupun kampus. Mari kita simak Museum-Museum apa saja yang cocok kamu kunjungi saat libur lebaran.

1. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional ini berada di Jalan Dr Abdul Rahman Saleh No 26, Jakarta Pusat. Pada Awal pembangunannya, gedung Museum Kebangkitan Nasional digunakan sebagai gedung sekolah dan asrama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA). Di dalam museum sendiri banyak benda-benda peninggalan sejaran dan ada pula gambar-gambar tokoh pengurus Boedi Oetomo, seperti M Soeleiman, Soewarno dan M Soeradji. Museum Kebangkitan Nasional dibagi dua bagian. Di sebelah kanan ada Ruang Pengenalan, Ruang Sebelum Pergerakan, Ruang Awal Kesadaran Nasional dan Ruang Pergerakan Nasional. Sedangkan di sebelah kiri ada Ruang Informasi, Ruang Dosen STOVIA, Ruang Pendidikan STOVIA, Ruang Memorial Boedi Oetomo, Ruang Asrama STOVIA dan Perpustakaan Museum.

2. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum yang terletak di Jalan Imam Bonjol No.1 ini menyimpan peristiwa  sejarah yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia. karena disinilah awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gedung tempat Perumusan Naskah Proklamasi, sekarang ini dijadikan Museum Perumusan Naskah Proklamasi karena lokasi dan gedung itu mempunyai nilai sejarah yang sangat penting bagi Bangsa Indonesa dalam kaitannya dengan penyusunan naskah proklamasi. Sebagai museum sejarah, museum ini akan mengungkapkan peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu, dimana keadaan pada saat itu tidak mungkin kita lihat pada saat sekarang tanpa mengadakan penggambaran ulang peristiwa itu.

3. Museum Bahari

Museum yang terletak di Jalan Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kota Jakarta Utara ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dahulu kala, Museum Bahari Ini udang yang berfungsi untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi, seperti rempah-rempah yang merupakan komoditi utama VOC.

4. Museum Sumpah Pemuda

Museum yang beralamat di di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat ini menyimpan catatan sejarah penting bagi Bangsa Indonesia. Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional. (uch)

 

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Makanan Exipred Dalam Parsel Lebaran ? Segera Lakukan Hal Ini!

Siapa sih yang tidak senang saat mendapat parsel lebaran dari sanak keluarga maupun kantor orang tua kita ya sahabat FoKus,...

Close