Mangrove Terancam, UB Lakukan Restorasi Berkelanjutan

Infokampus.news, Malang – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) menggelar Mangrove Workshop and Restoration di Gedung Widyaloka UB, 12-13 Oktober 2016. Konversi lahan yang masif di pesisir pantai Indonesia sehingga mengesampingkan mangrove sebagai salah satu aset penting dalam keseimbangan ekosistem, mendorong UB untuk melaksanakan workshop dan restorasi mangrove dengan mengusung tema “Sustainable Livelihood Based Mangrove”. Salah satu ancaman terbesar mangrove adalah konversi lahan menjadi tambak udang sehingga hutan mangrove terkikis.

“Kami ingin membuat program pengembangan ekonomi masyarakat berbasis mangrove, pemberdayaan lingkungan yang berkelanjutan makanya tema yang diangkat itu,” jelas Asep Awaludin Prihanto, ketua pelaksana Workshop and Restoration Mangrove, Rabu, 12 Oktober 2016.

Baca Juga :

Senada dengan hal itu, Rektor UB Prof. Dr. Bisri, MS menyebut bahwa pelestarian ekosistem mangrove Indonesia merupakan upaya yang harus dilakukan bersama-sama oleh para pihak dan terintegrasi.

“Perlu dirancang strategi peningkatan kesejahteraan melalui pemanfaatan mangrove secara berkelanjutan,” kata Bisri saat sambutan.

Sejumlah tokoh dari instansi terkait turut hadir dal kegiatan tersebut diantaranya Kementrian Kelautan dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BSKDA), dan Dinas Pariwisata. Workshop and Restoration Mangrove ini juga dihadiri oleh ratusan mahasiswa FPIK maupun mereka yang memiliki konsentrasi di bidang kelautan. (Gpl)

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FISIP & FILKOM Sabet Medali Emas Cabor Menyanyi Pop Olimpiade Brawijaya

Hosea Scarlet, mahasiwa Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dan I Gusti Jaya mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) keluar...

Close