Mantan Rektor UB, Dirjen dan Rektor ITN Malang Berbagi Ilmu dalam Seminar Nasional Teknik Sipil dan Perencanaan ITN Malang

INFOKAMPUS.NEWS – Pada hari ini, Kamis 31 Oktober 2019, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan Seminar Nasional Teknik Sipil dan Perencanaan ITN Malang dengan tema “Infrastruktur Berkelanjutan Era Revolusi Industri 4.0”.

Seminar Nasional ITN Malang

Dalam seminar yang bertempat di Aula Kampus 1 ITN Malang, ITN Malang mendatangkan empat orang keynote speaker yang ahli dibidangnya. Pemateri pertama adalah Dr. Ir.Gentur Prihantono Sandjoyo Putro, MT yang merupakan Ketua Lembaga Jasa Konstruksi PROV. Jatim dan juga Widyaiswara Utama PemProv  Jatim. Adapun Gentur memberikan materi tentang “Profesionalisme  Tenaga Ahli Jasa Konsultan di Era 4.0).

Pemaparan materi seminar dilanjutkan oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementrian PUPR yaitu Dr.Ir. Syarif Burhandudin, M.Eng.

Rektor ITN Malang

Selanjutnya pemateri ketiga yang tidak kalah menariknya adalah Prof. Dr.Ir. Muhammad Bisri, MS yang merupakan Guru Besar Bidang Sumber Daya Air dan pernah menjabat sebagai rektor Univeristas Brawijaya (UB). Bisri menyampaikan materi yang berjudul “Infrastruktur Berkelanjutan Era Revolusi Industri 4.0”.

Prof. Bisri menyampaikan pentingnya  konservasi Sumber daya Air. “Saya ingin menjelaskan tentang konservasi dulu. Konservasi itu intinya pengawetan sumber daya air. Sumber daya air sekarang mengalami perubahan.makanya kita perlu melakukan konservasi air. Contohnya di Malang jika melakukan konservasi malang tidak banjir . Karena saya asli malang. Saya tahu konturnya” ungkapnya.

Baca Juga :  Ini Strategi FEB Unisma Hadapi Revolusi Industri 4.0
Seminar Nasional ITN Malang, 31 Oktober 2019 (Foto: Rfl)

Materi terakhir yang berjudul “Karakteristik infrastruktur Pengelolaan Sumber daya Air dan Lingkungan Universitas Brawijaya Malang,” diberikan oleh Rektor ITN Malang Periode 2019-2023 yang juga Pakar di Bidang Pengelolaan  Sumber Daya Air yaitu Dr. Ir. Kustamar,MT.

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa, kalangan umum dan kalangan profesional ini berlangsung lancar dan diharapkan memberi kontribusi dan inspriasi bagi dinas yang terkait.

“mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi dinas  yang terkait tidak hanya normalisasi saja” ungkap Rektor ITN Malang saat menyampaikan materinya.

Dalam seminar ini ada 11 sub topik yang dibahas yaitu tentang pengembangan wilayah dan kota berbasis Mitigasi Bencana, pemanfaatan informasi  Geospasial, Sistem Bangunan pintar, Green technology berbasis kearifan lokal, Inovasi struktur bangunan tinggi, teknologi transportasi berkelanjutan, teknologi ramah lingkungan, sumber daya air berbasis ramah lingkungan,aplikasi perencanaan infrastruktur, technopreneurship serta pengembangan kebijakan publik. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *