Mapala UI Berhasil Temukan Puluhan Gua Baru di Manusela Spelelology Expedition (MSE) 2017

Infokampus.newsMelalui Manusela Spelelology Expedition (MSE) 2017 mahasiswa pencinta alam (Mapala) Universitas Indonesia berhasil menemukan puluhan gua baru di hutan kawasan Taman Nasional Manusela, Maluku Tengah. Ekspedisi yang berlangsung sejak 26 Juli hingga 3 September 2017 ini adalah salah satu kegiatan mahasiswa pencinta alam (Mapala) Universitas Indonesia untuk melakukan penelusuran gua dan pengibaran bendera merah putih di Gua Hatu Saka.

Gua Hatu Saka sendiri merupakan gua terdalam di Indonesia yang berhasil ditelusuri oleh kelompok mahasiswa pencinta alam (Mapala) Universitas Indonesia pada Manusela Spelelology Expedition (MSE) 2017. Tim Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia pada Manusela Spelelology Expedition (MSE) 2017 telah melaksanakan upacara dan pengibaran bendera merah putih di dasar pitch-1 Gua Hatu Saka (-220 meter) dengan total kedalaman vertikal -388 meter. Tidak hanya penelusuran Gua Hatu Saka, dengan menggunakan pendekatan geografis dilakukan juga pencarian serta inventarisasi gua-gua baru di pedalaman hutan Pulau Seram, Maluku.

Masih Banyak Potensi Sumber Kekayaan Alam di Indonesia

“Ekspedisi ini merupakan upaya Mapala UI untuk inventarisasi potensi kekayaan alam Indonesia. Serta diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan potensi wisata dan speleologi Indonesia,” ungkap Ade Luthfi selaku ketua tim Manusela Spelelology Expedition 2017 Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia.

 

Dalam ekspedisi tersebut, tim Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia telah menentukan 9 titik kawasan yang diperkirakan memiliki banyak gua-gua baru yang belum pernah ditemukan. Titik-titik tersebar disekitar kawasan Taman Nasional Manusela, beberapa titik yang ditelusuri ditemukan banyak gua yang diperkirakan belum pernah dilakukan penelusuran oleh tim lain.

“Hingga saat ini, dari 4 titik kawasan yang telah disurvei dan dieksplorasi, tim telah menemukan 30 mulut gua baru dan di antaranya terdapat 6 gua yang telah dipetakan oleh tim Mapala UI,” imbuhnya. (has)

Sumber : https://www.ui.ac.id/

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hebat, Mahasiswa FH Unpad Ini Berhasil Bawa Pulang Gelar Juara Dua Kompetisi Debat Nasional

Infokampus.news - Tiga Mahasiswa FH UNPAD berhasil meraih prestasi dengan menggondol juara dalam kompetisi yang digelar Mahkamah Konstitusi

Close