Mario Teguh: Motivator Legendaris Indonesia Lulusan Universitas Negeri Malang

Infokampus.news – Menjadi seorang motivator tentunya merupakan sebuah profesi yang tidak sepele. Tak hanya kemampuan public speaking yang baik, seorang motivator harus memiliki persona sebagai sosok yang meyakinkan dan dipercaya yang tentunya tidak dibangun dalam proses yang singkat. Salah satu motivator yang memiliki kemampuan komplit tersebut adalah Mario Teguh.

Perlu diketahui oleh Sobat Fokus sekalian, motivator yang terkenal dengan tagline-nya “Salam Super” adalah alumni dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (IKIP Malang), yang merupakan cikal bakal dari Universitas Negeri Malang (UM). Nama besarnya sebagai motivator tidak dirintis dalam waktu semalam saja. Perlu bertahun-tahun untuk menjadi sosoknya yang kita sekarang ini. Terlepas dari apapun yang menimpanya belakangan ini, ia merupakan sosok inspiratif bagi masyarakat Indonesia.

Lahir di Makassar, Mario Teguh Muda Rengkuh Pendidikan Dalam dan Luar Negeri

 

Lahir di Makassar, Mario Teguh Muda Rengkuh Pendidikan Dalam dan Luar Negeri

Memiliki nama asli Sis Mario Teguh, pria kelahiran Makassar, 5 Maret 1956 terkenal sebagai sosok yang cerdas sejak muda. Putra dari pasangan Ghozali Teguh dan Siti Maria ini berulang kali memperoleh kesempatan menjajal pendidikan di luar negeri. Bahkan pada saat masih SMA, ia sempat menikmati sekolah jurusan Arsitektur di New Trier West High di Amerika Serikat (AS). Setelah lulus, ia kembali ke Indonesia dan berkuliah di IKIP Malang di jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Selepas IKIP, ia kembali berkelana ke luar negeri. Kali ini ia memilih Jepang sebagai destinasinya dengan berkuliah International Business di Sophia University. Setelah itu, ia kembali ke AS, tepatnya di Indiana University, untuk mengambil jurusan Operation Systems hingga tamat pada tahun 1983 dengan gelar MBA. Ia lulus di usia 27 tahun.

Merintis Karir di Dunia Perbankan

Merintis Karir di Dunia Perbankan

Sebelum terkenal sebagai seorang motivator di Indonesia, Mario Teguh merupakan karyawan bank yang menyandang berbagai jabatan prestisius di berbagai bank. Ia memulai bekerja sebagai Head of Manager, BIMC, Zamre Ab. Wahab. Sekembalinya dari AS, ia kemudian ditarik bekerja sebagai Head Of Sales di Citibank Indonesia dari tahun 1983 hingga tahun 1986.

Dari Citibank Indonesia, ia kemudian pindah bekerja di BSB Bank di tahun 1986 hingga tahun 1989 sebagai Manajer Business Development. Di sana ia membangun karier yang cemerlang hingga kemudian ia ditawari untuk bekerja di Aspac Bank dengan posisi Vice President Marketing & Organization Development selama empat tahun hingga tahun 1994. Di tahun yang sama ia kemudian memutuskan untuk bekerja Exnal Corp Jakarta.

Motivator Hingga Tokoh Perubahan

Motivator Hingga Tokoh Perubahan

Berpengalaman dalam bidang bisnis menjadikan Mario Teguh menjadi pembicara di program Business Art di O’Channel pada tahun 2007. Melihat kepiawaiannya dalam berbicara menyusun kalimat-kalimat yang bagus serta karakternya yang kalem, sopan serta menyenangkan, Metro TV kemudian menawarkannya menjadi motivator dalam suatu program yang kemudian kita kenal berjudul “Mario Teguh Golden Ways”. Program tersebut mengantarkan Mario Teguh pada popularitas hingga ia kemudian dinobatkan sebagai motivator dengan bayaran termahal di Indonesia.

Program acaranya sendiri memiliki rating yang sangat baik dan banyak ditonton oleh berbagai lapisan masyarakat. Acara ini menekankan pada nilai-nilai kehidupan dan seni menghadapi hidup.

Ia juga menyabet berbagai penghargaan sebagai motivator, antara lain Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkannya sebagai motivator dengan seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Kemudian ia juga pernah dinobatkan sebagai motivator terbaik dengan jumlah penggemar Facebook terbesar di Indonesia di tahun 2010. Selain itu, Majalah Republika pernah menobatkan dirinya sebagai salah satu tokoh perubahan tahun 2008.

Itu tadi merupakan profil dari Mario Teguh, sosok motivator yang juga merupakan alumni UM. Dari perjalanan hidupnya kita bisa simpulkan bahwasanya dibalik kesuksesan selalu ada kegigihan yang tiada tara. Tak dapat dipungkiri, ia sudah menjadi sosok inspiratif bagi masyarakat Indonesia.

Yap, sekian dari Infokampus.news, semoga bermanfaat! (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *