Markisa di Kawasan Buring Masih Tidak Dimanfaatkan , Dosen UNIDHA Ini Coba Jenis Industri Rumahan Unik

Infokampus.news, Malang – Tanaman markisa liar di kawasan Buring , kota Malang ternyata sangat banyak dan sebenarnya bisa menghasilkan keuntungan cukup untuk warga sekitar. Namun sayangnya, hal ini belum terlalu dianggap serius oleh masyarakat sekitar, bahkan terkadang tanaman ini dibiarkan begitu saja meski sedang berbuah.

Untuk itulah, dua dosen Universitas Wisnuwardhana Malang yakni Muji rahayu S.H., M.H., dan Qomarudin S.TP., M.P memcari cara agar buah ini mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar.

“Padahal ini kalau dimanfaatkan secara maksimal bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Untuk itulah kami berinisiatif untuk membuat semacam sentra industri markisa ini.” Tukas Qomarudin saat ditemui oleh tim infokampus.news.

Markisa di Kawasan Buring Masih Tidak Dimanfaatkan Dijadikan Dodol dan Sirup Markisa Yang Bernilai Jual Tinggi

Sejak tercetus ide tersebut, ahirnya mulai awal tahun ini mereka mulai melakukan pembinaan ke masyarakat di kawasan Buring.

“Buah markisa dari kelurahan Buring ini kami buat sirup, jus dan dodol markisa. Kami terus lakukan pembinaan karena masyarakat kurang memperhatikan pengolahannya, awalnya dari produksi buah markisa dulu.” Tukas dia.

Masyarakat diajak untuk merawat tanaman buah markisa yang baik serta juga mereka diajarkan menanam buah markisa di pekarangan masyarakat sendiri. Ahirnya, mereka sukses membuat masyarakat mulai paham akan nilai ekonomis yang dimiliki oleh tanaman satu ini.

“Selain itu kami beri bibit untuk ditanam, lalu kami juga bantu untuk mengelola produksi jus, sirup dan dodol markisa ini. Sekaligus juga pemasarannya,” tukas dia.

Meskipun jangkauan pemasaran dari produk masyarakat binaannya ini belum terlalu jauh, namun ia yakin dalam beberapa waktu dekat mereka akan mampu merambah supermarket seluruh Indonesia. Selain itu juga pihaknya akan terus melakukan upaya untuk melakukan produksi dengan lebih efisien dan skala yang lebih besar. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gandeng UGM, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kembangkan Inovasi Startup Business Berbasis Universitas

Setelah diresmikan pada Juli 2016 lalu, kini program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah memasuki tahun kedua. Gerakan yang didukung oleh...

Close