Mau ikut Jalur Mandiri UNAIR, Rektor : Ikut SBMPTN Dulu Ya

Infokampus.news, Malang – Universitas Airlangga (UNAIR) akan melakukan terobosan baru dalam proses penerimaan mahasiswa baru tahun depan. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar melalui jalur mandiri, diharuskan terlebih dahulu untuk mengikuti SBMPTN.

“Jadi untuk tahun depan kita akan gunakan data atau nilai SBMPTN untuk jalur mandiri. Jadi sekali tes yang bisa dipakai semuanya, tidak perlu berkali-kali tes,” kata Rektor Unair Prof Moh. Nasih seperti dilansir okezone.com

Kebijakan baru tersebut ia sampaikan dalam kegiatan silahturahmi Rektor Unair dan kepala sekolah menegah atas/kejuruan. Lebih lanjut, ia juga menungkapkan calon mahasiswa yang mendaftar di jalur mandiri Unair diwajibkan mengikuti SBMPTN terlebih dahulu.

Baca Juga :

“Jadi nanti calon mahasiswa yaag tidak lulus tes SBMPTN yang ingin mengikuti jalur mandiri, mereka tinggal tunjukan nomor pendaftaran SBMPTN, nanti Unair yang mengakses nilainya,” katanya di hadapan puluhan kepala sekolah dan guru bimbingan konseling se-Jawa Timur dan Bali.

Tantangan makin berat, Pemprov Jatim Fasilitasi lulusan SMA/SMK

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dindik Jawa timur Saiful Rachman mengungkapkan, tantangan tugas SMA/SMK di Jatim kedepannya akan makin berat menghadapi persaingan dari siswa daerah lainnya. Untuk itu, Pemprov Jatim telah menyiapkan beberapa program di awal tahun 2017. Saiful mengungkapkan, tahun depan Pemprov Jatim menyiapkan anggaran Rp 400 Miliar untuk meningkatkan sarana dan prasarana di SMK.

“Lulusan SMK akan kami bentuk supaya langsung siap kerja ketika lulus. Untuk itu, kami siapkan fasilitas yang baik agar proses praktek langsung bisa dilakukan. Sedangkan siswa SMA, harus disiapkan sejak awal untuk melanjutkan perguruan tinggi,” kata mantan Kepala Badan Diklat Jatim ini.

Penulis : Ucha Julistian

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mahasiswa Harus Tau Sejarah, Yuk Berkunjung ke Museum Tempoe Doeloe
Mahasiswa Harus Tau Sejarah, Yuk Berkunjung ke Museum Tempoe Doeloe

Malang dikenal sebagai salah satu kota yang bersejarah di Indonesia. Berbagai penemuan daari zaman purbakala sampai dengan masa perjuangan kemerdekaan...

Close