Mau Kuliah di Jepang? Yuk Ikut Rotary Yoneyama Scholarship

Infokampus.news– Menjadi salah satu destinasi studi menarik bagi pelajar Indonesia adalah Jepang. salah satu alasannya karena banyak beasiswa pendidikan, mulai dari S1 hingga S3 yang ditawarkan pemerintah, universitas maupun lembaga swasta disana.

Salah satunya yakni program beasiswa Rotary Yoneyama Scholarship. program ini didanai yayasan Rotary Yoneyama Memorial, organisasi swasta penyedia beasiswa terbesar di Jepang.

Beasiswa Rotary Yoneyama Scholarship ini memang bertujuan memberikan bantuan bagi mahasiswa yang berasal dari luar Jepang terutama di tahun-tahun awal studi di Jepang. Selain berupa pemberian dana per bulan, Rotary juga menyediakan konseling bagi para penerima beasiswa. Perlu dicatat beasiswa ini tidak bersifat penuh, biaya masuk, biaya perkuliahan (tuition fee), serta akomodasi dibiayai sendiri oleh peserta.

Adapun cakupan beasiswa meliputi,

  • Dukungan dana perbulan untuk mahasiswa S1 sekitar Rp 13,2 juta per bulan, mahasiswa S2 sekitar Rp 18,5 juta per bulan, dan mahasiswa S3 sekitar Rp 18,5 juta per bulan).
  • Subsidi biaya transportasi 250.000 yen (sekitar Rp 33 juta) termasuk biaya tiket pesawat kelas ekonomi dari Indonesia ke Jepang (termasuk transportasi lokal saat di Indonesia) serta biaya akomodasi saat hari pertama tiba di Jepang.

Adapun syarat peserta meliputi

1. Bukan warganegara atau berdomisili di Jepang.

2. Memenuhi ketentuan: Merupakan calon mahasiswa yang berencana mendaftar ke universitas Jepang bulan April atau September/Oktober 2020. Memiliki Letter of Acceptance (LoA/Surat Keterangan Diterima di Universitas) dari universitas/sekolah pascasarjana di Jepang. Bagi pelamar kuliah S1 yang belum mendapatkan Letter of Acceptance (LoA), bisa melampirkan salinan bukti pendaftaran. Bagi pelamar kuliah S2 dan S3 yang belum mendapatkan LoA, bisa melampirkan satu surat rekomendasi dari supervisor universitas/sekolah pascasarjana di Jepang.

3. Memiliki semangat belajar tinggi dan sikap hormat terhadap perbedaan budaya, serta mampu menyampaikan pendapat dan berkomunikasi dengan lancar. 4. Sehat fisik dan mental.

5. Terbuka untuk pelajar dan mahasiswa dari semua jurusan.

6. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang level dasar (setingkat JPLT N4), tetapi tidak diwajibkan memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang.

7. Berusia maksimal 45 tahun (atau lahir setelah 1 April 1975).
8. tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.

Batas waktu pendaftaran hingga 15 Desember 2019, pengumuman hasil seleksi diumumkan via email pada pertengahan Februari 2020. untuk pendaftaran seluruh berkan pengajuan beasiswa dapat dikirim melalui email yakni apply&rotary-yoneyama.or.jp. semangat ya! (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *