Mau Lulus SBMPTN 2017? Siapkan Dirimu dengan Tips Ini

Infokampus.news – Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 resmi ditutup pada Selasa 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB . Total sebanyak 797.023 peserta melakukan pendaftaran SBMPTN 2017 untuk 85 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh provinsi di Indonesia.

Bagi yang ingin lanjut kuliah di kampus negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi salah satu kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Nah, selagi masih ada waktu mempersiapkannya, yuk simak tips belajar SBMPTN 2017 berikut ini.

1. Kumpulkan soal-soal

2

Tipe dan pola soal SBMPTN berbeda dengan UN. Soal jauh lebih kompleks dan membutuhkan analisis tinggi. Oleh karema itu, pahami tipe dan pola soal SBMPTN. Belilah buku bank soal atau fotokopi dari teman. Pelajari juga soal tes kemampuan dasar (TKD) dan trik menjawabnya.

2. Atur waktu belajar

1

Karena belajar mandiri, disiplinlah dalam mengatur waktu belajar. Belajar termudah adalah dengan mengerjakan soal, sehingga kamu semakin lancar dalam menjawab. Pilih jam belajar yang efektif, seperti pagi atau malam hari masing-masing sekira dua jam. Saat belajar, pastikan kamu fokus dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

3. Manfaatkan belajar kelompok

3

Belajar bersama teman yang mempersiapkan SBMPTN secara otodidak akan membantumu dalam memecahkan soal-soal yang sulit diselesaikan. Kalian bisa saling berdiskusi dan berbagi soal dengan variasi berbeda.

4. Tanya kepada guru

4

Jangan sungkan bertanya dengan guru di sekolah bila menemukan kesulitan. Mintalah dengan sopan untuk mengajarimu mengerjakan latihan soal. Cari waktu yang tepat, misalnya setelah guru itu selesai mengajar di sekolah.

5. Ikut try out

5

Banyak try out yang bisa diikuti tanpa harus bergabung dalam bimbingan belajar (bimbel). Dengan ikut try out, kamu akan memiliki gambaran akan kemampuanmu menjawab soal SBMPTN. Cara ini juga sekaligus menjadi simulasi SBMPTN lantaran menunggu waktu untuk menyelesaikan seluruh soal.

6. Jangan minder

6

Jangan merasa minder karena kamu belajar sendiri untuk SBMPTN. Persaingan masuk perguruan tinggi memang ketat. Sehingga, mereka yang ikut les belum tentu akan diterima. Yang penting, berusahalah dengan baik dan pantang menyerah.

Demikian Tips Sukses dan Strategi Lulus SBMPTN untuk Kamu, semoga bermanfaat dan selamat berjuang!. (fam)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SBMPTN 2017 Capai 797.023 Peserta!

Total sebanyak 797.023 peserta melakukan pendaftaran SBMPTN 2017 untuk 85 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh provinsi di Indonesia

Close