Mau Sukses Buat Startup? Mahasiswa Didorong Kolaborasi Dengan Banyak Pihak

Infokampus.news, Malang – Dalam melakukan Gerakan 1000 Startup Digital, hal yang perlu dan menjadi penting dalam pelaksanaannya adalah membentuk sebuah kolaborasi yang pas. Hal ini disampaikan oleh Ketua Laboratorium Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Eko Budi Cahyono. Dalam kegiatan Gerakan 1000 Startup Digital yang diselenggarakan di aula BAU UMM, Eko berpesan untuk para mahasiswa khususnya mahasiswa UMM, agar terus menjalin komunikasi dan menumbuhkan rasabingin tahu terhadap segala hal.
“Yang terjadi pada lulusan kuliah itu ya banyak yang menganggur karena tidak dapat pekerjaan. Padahal kalau kita bisa berkolaborasi dengan mahasiswa lainnya untuk membentuk suatu usaha melalui startup digital ini, para mahasiswa tidak lagi harus mengandalkan lowongan pekerjaan dari perusahaan. Jika pintar programming tapi tidak bisa berjualan, kolaborasi dengan mahasiswa marketing, begitu sebaliknya,” paparnya.

Kerjasama Tim Jadi Kunci Keberlangsungan produk Startup Digital

Pernyataan tersebut pun diamini oleh CEO Utero Group, Dadik Wahyu. Menurut Dadik, mempunyai suatu tim yang mampu bekerjasama dengan baik serta mengisi kekurangan masing masing individu dalam tim tersebut sangatlah penting. Oleh karena itu, Vicky berpesan bahwa jika ingin membuat startup, ada baiknya buat suatu kelompok yang benar benar bisa dipercaya dan mampu mengisi satu sama lain.
“Pentingnya jika ada tim yang dapat dipercaya dan saling mengisi itu nantinya yang akan menentukan keberlangsungan produk startup itu sendiri. Untuk itu penting sekali bergaul dengan banyak orang dengan ilmu dan hobi yang berbeda pula, supaya makin banyak kesempatan kita berkolaborasi tidak hanya diam di satu bidang tertentu,” Ungkapnya

Koordinator MCF : Mengenyam Pendidikan Di Bangku Kuliah Itu Penting!

Menambahkan, Koordinator Malang Creative Fusion, Vicky Wahyu berpendapat bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangatlah penting bagi perkembangan Startup di Indonesia. Menurutnya, kualitas SDM yang baik tersebut bisa didapatkan melalui banyak kegiatan di Universitas. Untuk itu, dirinya menyarankan agar para lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan.

“Mindset di Indonesia sendiri kan masih banyak yang enggan untuk mengenyam bangku perkuliahan dikarenakan mau langsung bekerja, apalagi siswa SMK. Mindset masuk SMK kan kebanyakan biar labgsung bekerja, padahal nyatanya saat ini kebanyakan lulusan SMK itu hanya “Dibawa orang bekerja” bukannya membuat lapangan kerja. Nah di kampus itu sebetulnya banyak ilmu tentang pengembangan kualitas diri yang belum banyak di terima dijenjang SMK mapun SMA,” Ujar Vicky (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

One thought on “Mau Sukses Buat Startup? Mahasiswa Didorong Kolaborasi Dengan Banyak Pihak

  • January 14, 2017 at 9:50 pm
    Permalink

    Mahasiswa sekarang harus aktif dan mandiri dalam mencari ilmu.. Tidak hanya menunggu di kelas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Traffic SIAKAD Padat, Mahasiswa UM Resah!

Traffic SIAKAD padat berimbas pada keterlambatan pengisian KRS, banyak siswa 'berebut' mengambil jadwal mata kuliah semester depan.

Close