Melalui Aplikasi Ed-Parent, Mahasiswa UMM Raih Juara 1 LKTI di STIKI Malang

Infokampus.news – Aplikasi berbasis Android garapan sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Malang, 21 Januari lalu.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Chano Paramita mahasiswa Ilmu Komunikasi, Siti Mubasiroh mahasiswa Pendidikan Biologi, Muhammad Fitrah Asyari Bangun mahasiswa Manajemen. Masing-masing angkatan 2017.

Berangkat dari permasalahan di Indonesia, Komisi Perlindungan Anak (KPAI) mencatat pada tahun 2011-2016 sebanyak 4.294 kasus kekerasan pada anak dilakukan oleh keluarga dan pengasuh. Data ini didukung dengan laporan ‘Global Report 2017 Ending Violence in Childhood’, sebanyak 73,7 persen anak Indonesia berumur 1-14 tahun mengalami pendisiplinan dengan kekerasan, atau agresi psikologis dan hukuman fisik di rumah.

Hal ini membuat tiga mahasiswa UMM menciptakan Aplikasi Ed-Parent ini merupakan Aplikasi khusus orang tua tentang cara edukasi anak yang benar. “Dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat merekonstruksi generasi bangsa menjadi generasi yang berkarakter dan bermoral sehingga terwujudnya revolusi mental di era perkembangan teknologi saat ini,” beber Siti.

Siti berharap bisa mengikuti kompetisi serupa di tempat lain. “Ke depannya saya ingin meningkatkan level perlombaan. Harapan saya, semoga prestasi ini bisa membahagiakan orangtua, juga menginspirasi mahasiswa prodi saya pendidikan biologi secara khusus, dan mahasiswa UMM pada umumnya untuk selalu semangat belajar dan berprestasi,” ujar Siti.

“Tiada hari tanpa prestasi, tiada prestasi yang tidak dihargai, dan tidak ada pelanggaran yang diberi sangsi menjadi semangat kami untuk mendidik mahasiswa untuk menjadi yang terdepan dan menginspirasi,” kata Husamah selaku Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi mengapresiasi raihan salah satu mahasiswanya. Aplikasi ini akan tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Play Store. (Jul)

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - Pertarungan para pejuang PTN dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018) mendekati tahap akhir bagi peserta kategori SAINTEK. Bagi peserta kategori SAINTEK, tes potensi akademik selama 105 menit merupakan babak terakhir bagi peserta kategori SAINTEK karena sesi setelah ini adalah tes di bidang Sosial Humaniora yang dilakukan oleh peserta kategori SOSHUM dan Campuran. Peserta SBMPTN Kategori SAINTEK Tinggal Andalkan Doa Namun meski demikian, bukan…
  • Infokampus.news - Psikologi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku, atau ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.  Ilmu yang mempunyai kaitan erat dengan kepribadian dan emosi manusia ini bisa kalian pelajari secara komprehensif di bangku kuliah dalam jurusan Psikologi. Selama ini banyak yang mengira bahwa Psikologi adalah kelompok ilmu sosial dan humaniora (soshum) saja. Ternyata,…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *