Melalui Jurnal Inspirasi Pendidikan, Unikama Kembali Meraih Hibah BTBI dari Kemenristekdikti

Infokampus.news, Malang – Pada awal tahun 2019 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) patut berbangga diri karena untuk ketiga kalinya secara berturut turut berhasil meraih hibah program Bantuan Tatakelola Berkala Ilmiah (BTBI) yang di dapatkan dari Kemenristekdikti.
Pemerintah sudah melakukan berbagai program untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmuwan Indonesia. Salah satu program untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah ilmuwan Indonesia adalah peningkatan jumlah dan mutu jurnal ilmiah yang terkareditasi Nasional atau bahkan mendapatkan pengakuan dunia.
Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan mutu jurnal ilmiah serta mendorong percepatannya untuk akreditasi nasional dengan memberikan bantuan pengelolaan jurnal elektronik (BTBI) menuju terakreditasi nasional, peningkatan peringakat dan menuju bereputasi internasional.
Saat ini publikasi hasil penelitian Indonesia di tingkat Internasional masih rendah, salah satu faktor penyebabnya adalah budaya menulis hasil penelitian yang belum berkembang serta rendahnya kemauan dan kemampuan menulis hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dapat dipublikasi di jurnal ilmiah bermutu tinggi.
Adapun tujuan program bantuan pengelolaan jurnal elektronik menuju terakreditasi nasional dan bantuan pengelolaan jurnal elektronik menuju bereputasi internasional ini untuk mendorong penerbit jurnal ilmiah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset.
Untuk mendapatkan bantuan dana hibah dari Kemenristekdikti memiliki beberapa syarat diantaranya jurnal yang terbit daring di Indonesia belum terakreditasi sudah menerbitkan minimal dua tahun terbitan dan setiap terbit minimum berisi 5 artikel ilmiah.
Program Tata Kelola Jurnal Elektronik atau Hibah BTBI ini sendiri merupakan program yang dimulai oleh Kemenristekdikti sejak 2015 silam. Unikama tiga kali berturut-turut sejak tahun 2017 mendapatkan dana hibah tersebut. Pertama melalui Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM) yang diterbitkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, selanjutnya Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JPM) dari LPPM, serta yang sekarang ini melalui Jurnal Inspirasi Pendidikan (JIP) yang diterbitkan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Unikama untuk tahun ini mendapatkan dana hibah dari Kemenristekdikti melalui Jurnal Inspirasi Pendidikan (JIP). Perlu diketahui Unikama saat ini  memiliki total kurang lebih 18 jurnal digital dan 2 jurnal sudah terakreditasi dan 5 jurnal terindex Doaj.
“Hibah ini nantinya akan kami kelola untuk jurnal yang ada di seluruh Universitas yang nantinya dapat digunakan bersama supaya yang lain juga ikut maju. Untuk target, Unikama sendiri menginginkan minimal tahun ini 5-7 jurnal terakreditasi.” ungkap Muhammad Nur Hudha selaku Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas (P3U).
Muhammad Nur Hudha menambahkan harapannya ketika memiliki jurnal terakreditasi, motivasi dosen untuk menulis itu meningkat dan tidak berhenti pada laporan hasil penelitian saja.
Pemberian bantuan Hibah dari Kemenristekdikti pada tahun 2019 ini diberikan kepada 57 Jurnal dari institusi perguruan tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. (Jul)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  HIMPSI Jatim Adakan Musyawarah Wilayah di Universitas Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *