Melalui Metode I-FM, Mahasiswa IPB jadikan Santri Sebagai Mentor Generasi Milenial

infokampus.news – Di tengah demoralisasi generasi muda akibat dampak negatif media sosial, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Mar’ie Muhammad, merancang metode pendampingan Integrated Family Mentoring (I-FM) atau Pendampingan Terintegrasi Keluarga Berbasis akun Bot Line. Metode ini menjadi strategi untuk membina karakter generasi milenial dan menjadikan santri sebagai mentor.

Melalui karyanya ini, Mar’ie meraih Juara I dalam lomba Gebyar CSSMoRa Universitas Pendidikan Indonesia pada tanggal 15 Desember 2018 dengan tema “Tantangan Santri dalam Menghadapi Bonus Demografi di Masa Depan”.

Santri dapat menjadi contoh bagi generasi muda karena memiliki pemahaman agama yang baik. Di sisi lain, generasi milenial memiliki tantangan peradaban sendiri, terutama dalam penyampaian dakwah, sehingga dibutuhkan metode-metode dakwah kekinian yang dapat menyentuh generasi milenial, salah satunya adalah melalui media sosial.

Mar’ie Muhammad menciptakan Integrated Family Mentoring (I-FM) atau Pendampingan Terintegrasi Keluarga Berbasis akun Bot Line. Yakni strategi pembinaan karakter yang sistematis, berkelanjutan dan sesuai dengan dunia generasi milenial. “Melalui metode ini santri akan bertindak sebagai mentor, sedangkan sasaran dari I-FM ialah generasi milenial di tingkat SD, SMP, SMA sebagai mentee,” terang Mar’ie Muhammad.

Teknis I-FM Online yaitu satu kelas siswa dibagi menjadi kelompok kecil sebanyak 5-10 orang. Setiap kelompok kecil dimasukkan ke dalam satu grup Line yang berisikan akun Bot I-FM dan Mentor. Tugas akun Bot I-FM ialah sebagai penyedia konten pendidikan karakter, sementara mentor akan bertindak sebagai penjelas nilai-nilai konten yang diberikan oleh Bot I-FM.

“Saya berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin terlebih melihat potensi bonus demografi 2030 yang menghasilkan ledakan generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta berintegritas sehingga mampu menjadi pemimpin yang akan membawa kemajuan negeri ini pada masa keemasannya pada tahun 2045,” ujarnya. (Jul)  

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Direktorat kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan IPB Job Fair Career dan Entrepreneurship Expo 2018. Kegiatan ini diadakan di Gedung Graha Widya Wisudam, Kampus IPB Dramaga, Bogor Jawa Barat pada 21-22 September 2018. Rektor IPB Dr Arif Satria mengatakan bahwa IPB berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja dengan lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja. “Selain itu, kegiatan ini juga…
  • Infokampus.news – Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor (IPB)  angkatan 55 yang menamakan diri sebagai Saga Agrisatya berhasil memecahkan rekor dunia Record Holders Repuiblic dengan kategori “Most 3D People Formation”. Formasi tersebut dilakukan dalam durasi tercepat yaitu 2 menit 56 detik, 3.456 peserta dengan 55 formasi, rekor yang dipecahkan oleh Saga Agrisatya membawa kebanggan tersendiri. Hal ini diapresiasi oleh Rektor IPB Dr. Arif Satria Arif. “Hari ini kita berhasil memecahkan rekor dunia.…
  • Infokampus.news – Empat mahasiswa Institut pertanian Bogor (IPB) yaitu Dianika Aditya Mustaqiem, Muhammad Alif Hanif Afif, Rizal Fikri Alamsyah, dan Irfan Nugraha berhasil mengembangkan produk kaus cerita rakyat, yakni kaus dengan desain yang mengangkat tema cerita rakyat. Keempat mahasiswa IPB yang berasal dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan di bawah bimbingan Iyep Komala, S.Pt, M.Si menggagas sebuah inovasi untuk dapat melestarikan kembali cerita rakyat yang merupakan salah…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Juarai Berbagai Turnamen Tingkat Dunia, Ternyata Liliyana Natsir Tak Sekolah SMP

Infokampus.news - Bagi sebagian orang, kesuksesan bisa datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Bagi sebagian lainnya, kesuksesan bisa datang dari

Close