Melalui Ojek Sampah, 3 Mahasiswa Unsri Kibarkan Bendera Indonesia di Bangkok Thailand

INFOKAMPUS.NEWS – Patut berbangga diri! Sriwijaya Team University yakni Raden Kuning Pratama Sulinda mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan bersama rekannya, Indah Rosita dan M. Edu Agritama keduanya merupakan mahasiswa Ilmu komputer baru saja memenangkan kompetisi Internasional di Bangkok, Thailand.

Kompetisi yang diadakan pada tanggal 2-6 Februari lalu bertajuk ‘Bangkok International Intellectual, Property, Invention, Innovation and Technology Exposion’ mereka berhasil unjuk gigi di depan juri dengan inovasi mereka.

Tama bercerita mengenai ojek sampah yang masih menggunakan gerobak  diklaim dapat mengurangi jumlah sampah yang beredar. mereka menciptakan mekanisme bagaimana ojek sampah dapat mengambil sampah yang telah diberitahukan masyarakat melalui aplikasi berbasis gadget.

“Nanti sampah itu dibayar. Bisa pembayarannya melalui gadget, bisa juga ditarik tunai ATM. Nanti sampah yang dikumpulkan dibawa ke pengolahana, untuk dijadikan Bahan Bakar alternatif Minyak,” ulasnya.

Tentu tidak semua sampah yang bisa diambil untuk dijadikan bahan bakar, hanya sampah anorganik yang kemudian diolah di tempat pengolahan di kota Palembang itu.

Baca Juga :  Berikut 5 Jurusan Favorit anak IPA, Ada yang Kamu Incar?

Karena ide yang dicetuskan setengah tahun lalu itu lah, mereka mulai bekerja menyusun prototype. Dari Indah dan Tama yang mengisi content, sampai Edu yang bertugas mengeksekusi ide menjadi content aplikasi.

Inovasi mereka pun dibawa ke berbagai kejuaraan, agar dapat ditemukan kelemahan dan segera disempurnakan. Mulai dari kejuaraan di level Unsri, Nasional hingga ke Singapura. Saat di Bangkok, rupanya juri terpikat dengan ide mereka. Sebab, Ojek Sampah dinilai sebagai solusi yang baik melihat dinamika masyarakat, yang masih acuh tak acuh dengan sampah. (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *